Selulit merupakan momok bagi sebagian perempuan. Sebetulnya, memiliki selulit di paha, betis, perut atau pun lengan itu adalah hal yang wajar. Hanya saja selulit ini mengganggu penampilan karena kita jadi tidak bisa bebas menggunakan pakaian yang kita sukai karena khawatir selulit terlihat jelas.

Di usia 20-an, biasanya selulit mulai muncul. Yuk kita ketahui apa itu selulit dan bagaimana cara menghilangkannya.
 

Apa Sih Penyebab Selulit, dan Adakah Bahayanya?


 

Penyebab selulit


Lemak seringkali dituduh sebagai penyebab terbentuknya selulit. Memang benar, lemak lah yang membuat kulit tampak bergelombang. Tapi sebetulnya bukan murni 'kesalahan' lemak yang membentuk selulit, melainkan juga struktur kulit atas dan jaringan ikat di bawahnya.

Antara laki-laki dan perempuan juga memiliki struktur kulit dan jaringan ikat yang berbeda. Jaringan ikat pada pria formasinya menyilang dan polanya halus, sementara pada perempuan jaringan ikatnya vertikal sehingga membentuk ruang-ruang lemak yang seolah-olah ditarik ke bawah.

Selain itu, faktanya kulit perempuan lebih tipis ketimbang laki-laki, sehingga membuat selulit jadi lebih mudah terbentuk. Ada pula faktor-faktor lain penyebab selulit, misalnya diet yang salah, metabolisme tubuh lambat, perubahan hormon hingga pola makan yang buruk.


 

baca juga

Cara menghilangkan selulit secara alami


Sayangnya, selulit tidak bisa sepenuhnya dienyahkan dari kulit kita. Tapi setidaknya kita bisa mengurangi selulit. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga untuk mengurangi lapisan lemak di bawah kulit.

Cara menghilangkan selulit secara alami juga bisa dilakukan dengan bahan yang mudah ditemukan dan murah. Siapkan masing-masing secangkir kopi bubuk, gula aren, alpukat yang sudah matang dan minyak zaitun. Campurkan semuanya hingga rata. Gosokkan ke area tubuh yang memiliki selulit dengan gerakan melingkar selama 15 menit. Bilas dengan air, keringkan kulit dan aplikasikan pelembap.
 

Cara menghilangkan selulit secara alami


 

Cara menghilangkan selulit di paha


Selulit biasanya muncul di paha. Untuk menghilangkan selulit di paha, ada beberapa gerakan yang bisa Moms lakukan. 

Berbaringlah di sisi kanan, dengan bertumpu pada lengan. Angkat kaki kiri ke atas dan tahan selama 5-7 detik, kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini berulangkali sebanyak 2 set. Cara ini akan membuat paha kencang dan selulit pun akan tersamar.

Cara menghilangkan selulit di paha


 

baca juga

Cara menghilangkan selulit di perut


Selain paha, perut juga menjadi sasaran munculnya selulit. Tapi tak perlu khawatir, ada cara efektit menghilangkan selulit di perut berbekal cuka apel dan wrap.

Caranya: campurkan 10 ml cuka apel dengan 20 ml air. Oleskan pada perut yang berselulit. Balutkan plastic wrap selama 45 menit-1 jam. Bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sehari satu kali secara rutin.

Cara menghilangkan selulit di perut


 

Cara menghilangkan selulit di bokong


Umumnya, selulit di bagian bokong sulit dienyahkan. Meski jarang terekspos, tetap saja rasanya risih bukan, Moms? Nah, ada cara gampang dan juga menyenangkan yang bisa dilakukan dengan berendam air garam.

Siapkan 1/4 cangkir garam laut, 1/4 cangkir garam epsom, 1/4 cangkir baking soda, 1/3 cangkir cuka apel dan beberapa tetes minyak essensial lavender. Campurkan semua bahan garam dan larutkan dengan air panas. Tuangkan ke dalam bak rendaman yang telah diisi air, lalu tuang cuka apel dan minyak essensial. Gunakan untuk berendam selama 30 menit.

Lakukan cara ini rutin dua kali seminggu untuk melunturkan selulit pada bokong. Niscaya bokong akan kembali kencang.

Cara menghilangkan selulit di bokong

Nah itu dia cara menghilangkan selulit yang bisa Moms coba di rumah. Mudah bukan? Semoga informasi ini berguna ya!