Makanan Penyebab Darah Tinggi

Makanan dengan Bahan Pengawet


Salah satu makanan penyebab darah tinggi adalah garam. Makanan olahan atau makanan dengan bahan pengawet umumnya mengandung garam dalam jumlah tinggi. Jika Moms memiliki darah tinggi, sebaiknya mulai kurangi makanan seperti fast food, makanan kalengan atau olahan lainnya.
 
Ukuran Tensi Darah Tinggi? Ketahui Sumber Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya
source: https://www.aarp.org

Makanan dengan Pemanis Buatan


Selain makanan yang mengandung garam, orang dengan darah tinggi disarankan untuk mengurangi makanan atau minuman dengan pemanis buatan. Jika Moms membeli makanan atau minuman dalam kemasan, pastikan untuk memeriksa kandungan pemanis buatan dalam kemasan tersebut.

Makanan dan Minuman Penurun Darah Tinggi

Meskipun cukup banyak pantangan makanan dan minuman yang memicu naiknya tekanan darah, Moms tak perlu kahwatir untuk mengatur pola makan bagi penderita darah tinggi. Beberapa makanan alami berikut ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dapat dikonsumsi sehari-hari:

Pisang


Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi yang berfungsi mengimbangi kadar natrium dalam tubuh. Selain murah dan mudah didapat, pisang pun dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, baik dikonsumsi secara langsung, disantap dengan sereal, atau diolah menjadi jus.

Ukuran Tensi Darah Tinggi? Ketahui Sumber Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya
source: https://id.theasianparent.com

Sayuran hijau


Memperbanyak konsumsi sayuran hijau juga dapat membantu menurunkan tekanan darah lho Moms. Beberapa sayuran hijau yang disarankan antara lain bayam, sawi, kale, dan brokoli. Sebaiknya sayuran dikonsumsi dalam keadaan segar atau hindari memasaknya dalam keadaan terlalu matang untuk menjaga kandungan mineral yang ada di dalam sayuran agar tidak rusak.


Kentang


Kentang juga memiliki kandungan kalium dan magnesium tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Yang perlu diingat, hindari mengolah kentang dengan minyak dan garam yang terlalu banyak. Untuk menurunkan tekanan darah, sebaiknya konsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa garam.

baca juga
Ukuran Tensi Darah Tinggi? Ketahui Sumber Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya
source: https://doktersehat.com

Jus Buah Bit


Jus buah bit merupakan salah satu jus penurun darah tinggi yang banyak dikonsumsi pengidap hipertensi. Kandungan nitrat dalam buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin. Selain diolah menjadi jus, Moms bisa menyajikannya dalam bentuk buah potong untuk salad. Tambahkan air perasan lemon atau jeruk untuk menambah cita rasa.
 

Ukuran Tensi Darah Tinggi? Ketahui Sumber Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya
source: https://mediskus.com
Jika tidak terlalu suka dengan rasa buah bit, Moms bisa mencoba minuman penurun darah tinggi lainnya seperti susu rendah lemak, jus delima, teh bunga rosella, dan air putih. Banyak minum air putih dapat mencegah dehidrasi yang bisa membuat pembuluh darah mengkerut sehingga jantung harus bekerja lebih keras.

Menentukan menu makanan untuk penderita darah tinggi memang perlu perhatian khusus. Pastikan makanan tersebut mengandung serat dan kandungan mineral seperti kalium dan nitrat yang cukup. Beberapa sumber protein lainnya seperti ikan, kacang dan ayam tanpa lemak juga bisa dikonsumsi sehari-hari.

Jika Moms masih ragu dengan menu yang akan disajikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gizi untuk mendapat kombinasi pilihan menu terbaik. Selain menjaga makanan, imbangi dengan minum air putih, berolahraga, dan memeriksa tekanan darah secara teratur