Penyebab dan Gejala Insomnia

 
Source: https://www.sehatfresh.com

Sebelum mencari solusinya, penting bagi kita untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab dari insomnia. Menurut sebuah survei dari WHO, sebanyak 27% partisipan mengaku mengalami kesulitan tidur, dimana mayoritasnya adalah perempuan. Ini bisa dimengerti bahwa kaum hawa cenderung lebih rentan terhadap stress dan kecemasan yang kerap menjadi pemicu insomnia dibanding laki-laki.

Ini dia beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan insomnia:

  • Stres
  • Kecemasan
  • Kebiasaan tidur yang buruk
  • Kafein, nikotin, dan alkohol
  • Makan terlalu banyak sebelum tidur
  • Kondisi medis tertentu
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu 

Insomnia tidak hanya ditandai dengan gejala sulit tidur saja moms, ini dia tanda-tanda lainnya yang bisa menunjukkan seseorang mengalami gangguan "sulit tidur" :

  • Mengalami kesulitan tidur
  • Sering terbangun di malam hari atau dini hari. 
  • Suasana hati yang mudah berubah
  • Sulit berkonsentrasi di siang hari
  • Merasa kelelahan


 

Jauhi Gadget

 
Source: https://www.thenational.ae

Gadget menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita, bahkan saat hendak tidur sekalipun. Tapi, tahukah moms bahwa gadget juga bisa berkontribusi terhadap kualitas tidur yang buruk? Cahaya biru yang dipancarkan pada alat ini dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yaitu hormon pemicu rasa kantuk. Maka dari itu, ada baiknya moms tidak sering bermain gadget saat hendak tidur. Cobalah menyiasatinya dengan membaca buku atau mendengarkan musik untuk memancing rasa kantuk.


 

baca juga

Konsumsi Buah Kiwi

 
Source: https://www.lifestyle.kompas.com

Mengonsumsi kiwi merupakan salah satu cara untuk mengatasi insomnia secara alami. Buah kiwi yang kaya dengan kandungan melatoninnya dapat membantu tubuh untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Adapun studi menunjukkan bahwa mereka yang memakan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.


 

Makan Malam Lebih Awal

 
Source: https://www.cookinglight.com

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat malam hari juga bisa mengakibatkan gangguan tidur, seperti terbangun di tengah malam misalnya. Oleh karenanya, cobalah untuk makan malam secukupnya dengan selang waktu 3-4 jam sebelum tidur. Hindari juga makanan yang banyak mengandung lemak saat makan malam.


 

baca juga

Terapi CBT

 
Source: https://www.journal-sociolla.com

Ada berbagai cara untuk mengatasi insomnia berat, salah satunya yang dianjurkan pakar kesehatan adalah terapi perilaku kognitif atau CBT-I (Cognitive behavioral therapy for insomnia). CBT-I adalah sebuah program terstruktur yang bertujuan untuk membantu seseorang untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dengan cara menghindari berbagai perilaku dan pemikiran negatif yang membuatnya tidak bisa tidur nyenyak. 
CBT-I terdiri dari beberapa metode, di antaranya:

  1. Terapi Kontrol Stimulus. Menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur atau aktivitas seksual. Tidak boleh 
  2. Terapi Restriksi Tidur. Membatasi waktu tidur hanya 5 jam per hari dari waktu tidur ideal 7 jam per hari. Hal ini dilakukan agar seseorang merasa kekurangan tidur dan kelelahan di malam hari.
  3. Terapi Relaksasi. Bisa berupa meditasi, relaksasi otot dan lain sebagainya untuk menenangkan pikiran dan tubuh.
  4. Edukasi Sleep Hygiene. Menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, kafein dan malas berolahraga.
  5. Terapi Kognitif dan Psikoterapi. Mengidentifikasi pikiran dan perasaan negatif yang membuat seseorang menjadi sulit tidur.
​​​


 

Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

 
Source: https://www.psychologytoday.com

Ibu hamil juga rentan terhadap gangguan insomnia. Penyebabnya macam-macam, bisa karena kondisi emosional yang tidak stabil, rutinitas tidur yang buruk dan lain sebagainya. Nah, ini dia beberapa hal yang dilakukan ibu hamil agar tetap memiliki waktu tidur yang berkualitas.

  1. Minum susu hangat sebelum tidur. Selain baik untuk kesehatan, juga membuat perut kenyang dan rileks untuk tidur malam.
  2. Mandi air hangat di sore hari. Ini juga membantu tubuh menjadi lebih rileks.
  3. Lakukan olahraga ringan.

Itu dia beberapa cara mengatasi insomnia parah maupun ringan. Semoga bermanfaat, moms.