Sejak dahulu kala, buah zaitun telah dipercaya sebagai buah ajaib yang punya serangkaian manfaat. Kebaikan buah zaitun juga bisa didapatkan dari ekstrak minyaknya. Minyak zaitun sehat untuk dikonsumsi karena mengandung banyak sekali senyawa baik untuk kesehatan tubuh, misalnya vitamin E, vitamin K, omega-6, omega-3 dan zat besi. 

Selain untuk tubuh, manfaat minyak zaitun untuk rambut dan kecantikan juga tak kalah ajaibnya lho. Penasaran, seperti apa sih manfaat minyak zaitun untuk rambut yang perlu Moms ketahui untuk perawatan alami bagi keluarga? Simak penjelasannya berikut ini:

Minyak zaitun untuk rambut bayi


Minyak zaitun bersifat melembutkan sehingga sangat cocok untuk merawat rambut bayi dan kulit kepalanya. Seperti yang kita ketahui, saat lahir bayi membawa kotoran di kepalanya yang membentuk lapisan kulit kering atau kerak. Tentu kotoran ini harus dibersihkan dengan cara yang tepat karena kulit kepala bayi sangatlah lembut. Begini caranya:

  1. Oleskan minyak zaitun ke kepala bayi, pijat lembut selama 10 menit
  2. Bilas kepala bayi dengan air hangat dan shampoo lembut
  3. Bersihkan kerak yang sudah lembut menggunakan sisir
Minyak zaitun untuk rambut bayi


 

baca juga

Minyak zaitun untuk rambut rontok


Jangan panik dulu, Moms, jika rambut si kecil rontok. Kerontokan rambut bukan hanya diidap orang dewasa kok. Bayi pun juga mengalaminya saat rambutnya berganti rambut permanen. Hal ini bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun untuk rambut rontok. Ini caranya:

  1. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa murni. 
  2. Oleskan campuran ini ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit.
  3. Bilas dengan air hangat dan shampoo lembut sampai bersih.
  4. Ulangi perawatan ini seminggu sekali agar hasilnya maksimal
Minyak zaitun untuk rambut rontok


 

Minyak zaitun untuk rambut kering


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, minyak zaitun dapat melembutkan rambut karena konsistensinya yang cukup pekat dan mampu mengikat kandungan air. Cocok sekali untuk mengatasi rambut kering baik untuk bayi maupun orang dewasa.

Cara perawatan minyak zaitun untuk rambut kering sangat mudah kok. Moms cukup mengoleskan minyak ke akar hingga ujung rambut. Bungkus dengan handuk hangat atau diamkan saja selama 15 menit. Bilas dengan shampoo hingga sisa-sisa minyak tidak tersisa lagi lalu gunakan conditioner agar rambut lembap maksimal.

Minyak zaitun untuk rambut kering


 

baca juga

Merk minyak zaitun untuk rambut


Mungkin di antara Moms masih kebingungan, apa merk minyak zaitun untuk rambut yang bisa digunakan untuk perawatan sehari-hari? Sebetulnya Moms bisa kok menggunakan minyak zaitun merk apa saja. Hanya saja untuk hasil yang lebih baik, pilih minyak zaitun berlabel Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau First Cold Pressed. Kedua jenis minyak zaitun ini masih sangat lah murni, belum dicampuri dengan jenis minyak lain sehingga kandungan nutrisinya maksimal.

Merk minyak zaitun untuk rambut


 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut botak


Kebotakan merupakan momok sebagian orang di dunia ini, terutama kaum perempuan. Jangan khawatir, dengan perawatan minyak zaitun untuk rambut botak, rambut Moms akan kembali tebal, sehat dan berkilau. Caranya adalah dengan menghangatkan minyak zaitun di dalam microwave, lalu usapkan ke kulit kepala dan pijat lembut. Tutup rambut dengan hair cap dan diamkan selama 30 menit. Kemudian keramaslah seperti biasa. 

Lakukan perawatan rutin ini selama 2 kali seminggu untuk hasil yang menakjubkan.

Itu dia Moms, serangkaian manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa dicoba di rumah. Semoga informasi ini membantu ya!