Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi

 
Image Source: https://pinterest.com/mom.me

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja Moms, bayi pun bisa mengalami masuk angin, lho. Biasanya bayi yang mengalami masuk angin akan sering rewel dan menangis. Penyebab masuk angin pada bayi bisa karena kedinginan. Jika bayi menangis, rewel, sering buang gas, dan perutnya keras setelah makan. Jangan panik Moms, itu bisa jadi bayi mengalami masuk angin. Berikut ini cara mengatasi masuk angin pada bayi, simak baik-baik, Moms! 
 
  1. Oleskan minyak telon pada tubuh bayi. Minyak telon dapat membantu menghangatkan tubuh dan merangsang saraf serta pembuluh darah sehingga aliran darahnya menjadi aktif dan pertukaran oksigen dapat terjadi secara optimal. 
  2. Posisikan bayi tidur terlentang, lalu angkat kedua kakinya. Buat gerakan seperti menyerupai mengayuh sepeda. Cara ini dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi. 
  3. Pijat lembut dan perlahan perut bayi searah jarum jam. Cara ini juga dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi. 
  4. Susui bayi sebelum dia merasa lapar agar meminimalisir perut kembung akibat masuk angin. 
  5. Usahakan selalu memakaikan pakaian hangat saat mengajak bayi jalan-jalan ke luar rumah. 

 

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil

 
Image Source: https://pinterest.com/stressfreemommies.com

Ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester pertama biasanya akan sering mengalami masuk angin apalagi jika masih sering mengalami morning sick. Gejala masuk masuk angin pada ibu hamil seperti mual dan muntah, pegal-pegal, serta perut kembung. Mengatasi masuk angin pada ibu hamil tidak boleh sembarangan lho, Moms. Jangan asal minum obat. Berikut ini cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil yang mungkin bisa Moms coba. 
 
  1. Perbanyak konsumsi air putih. Karena air putih memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masuk angin dan penyakit lain. 
  2. Minum air jahe hangat. Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan badan dan meredakan perut kembung. Dengan meminum air jahe tubuh akan menjadi hangat dan terhindar dari masuk angin. 
  3. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hangat. Moms bisa mengonsumsi berbagai olahan sayuran seperti sup. Selain sehat dan kaya akan serat yang baik bagi kesehatan ibu hamil, mengonsumsi sup juga dapat menghangatkan badan. 
  4. Dipijat. Pijatan akan membuat ibu hamil merasa rileks dan nyaman serta dapat meredakan rasa pegal di punggung. 
  5. Oleskan minyak kayu putih agar badan menjadi hangat serta aroma minyak kayu putih dapat membuat ibu hamil lebih rileks. 
  6. Periksa dan konsultasikan ke dokter kandungan obat apa yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 
baca juga

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak

 
Image Source: https://pinterest.com/parents.com

​​​​​​Jika anak mengeluh tidak enak badan, demam, mual, dan muntah, bisa jadi itu tanda anak sedang mengalami masuk angin. Maka harus segera diatasi, Moms. Berikut ini cara mengatasi masuk angin pada anak yang bisa Moms praktikkan saat anak mengalami masuk angin. 
 
  1. Oleskan minyak kayu putih pada tubuh anak terutama di area punggung, pergelangan kaki, dan perut. Minyak kayu putih akan membuat tubuh si kecil hangat dan efektif meredakan masuk angin. 
  2. Beri si kecil sup ayam kampung yang hangat. Sayuran sangat baik untuk kesehatan si kecil. Selain itu ayam kampung memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh. Dengan memberikan si kecil sup hangat akan membantu meredakan masuk angin pada anak. 
  3. Berikan air jahe hangat pada anak. Jahe memiliki banyak manfaat dan khasiat seperti, meredakan mual, muntah, dan batuk. Dengan memberikan si kecil air jahe hangat dapat membantu tubuh si kecil tetap hangat dan meredakan masuk angin. 
  4. Berikan obat untuk anak yang memang diresepkan dokter. 

Cara Mengatasi Masuk Angin Berat dan Masuk Angin Duduk

 
source: https://res.cloudinary.com/angin-duduk-alodokter.jpg

Gejala masuk angin duduk di tandai dengan sesak napas, tubuh terasa lelah, mual, pusing, gelisah, mengalami keringat dingin, dan nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, serta punggung. Masuk angin duduk biasanya datang secara tiba-tiba. Jika tidak segera ditangani masuk angin duduk dapat menyebabkan kematian. Tapi Moms tidak perlu panik, masuk angin duduk dapat diatasi dengan meminum obat yang diresepkan oleh dokter. Jika Moms merasakan beberapa gejala masuk angin di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter karena masuk angin biasa dan masuk angin duduk itu berbeda. Jangan disepelekan. Masuk angin duduk dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti, perbanyak konsumsi buah dan sayur, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, rutin berolahraga, hindari stres, dan selalu kontrol kadar gula darah. 

 
baca juga

Cara Mengatasi Masuk Angin


Berikut ini beberapa cara dan tips mengatasi masuk angin :
  1. Perbanyak konsumsi air putih. Karena air putih bisa meredakan gejala masuk angin. Selain itu minum air putih juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. 
  2. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan makanan bergizi seperti sup. Sup dapat membantu tubuh tetap hangat. 
  3. Gunakan minyak kayu putih untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. 
  4. Minuman obat sesuai gejala yang dirasakan. 
  5. Minum air jahe hangat. 
  6. Selalu pakai pakaian yang hangat saat berpergian pada malam hari. 
  7. Istirahat yang cukup. 
  8. Periksa ke dokter bila penyakit tidak kunjung sembuh. 

 


Itulah Moms beberapa cara mengatasi masuk angin yang bisa Moms coba. Ingat ya Moms jangan sepelekan masuk angin, segera atasi bila Moms mengalami gejala masuk angin!