Berkumur dengan Air Garam


Garam bisa menjadi antiseptik alami ketika Moms mengalami sakit gigi. Campurkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), lalu kumur dan diamkan beberapa saat sebelum dibuang. Berkumur dengan air garam juga merupakan cara mengatasi sakit gigi pada anak yang cukup efektif. Kandungan antiseptik alaminya, akan meredakan nyeri sementara sebelum sakit gigi Moms ditangani oleh dokter.

source: https://www.pexels.com


 

Mengunyah Bawang Merah Mentah


Selain garam, bawang merah juga bisa menjadi antiseptik dan antibakteri alami. Caranya yaitu dengan mengunyah bawang merah mentah yang telah dikupas dan dicuci. Kalau Moms kesulitan mengunyah bawang mentah, Moms bisa mengiris bawang dan meletakan tepat di bagian gigi yang sakit. Ini juga cukup efektif sebagai cara mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak.

source: https://www.pexels.com


 

baca juga

Kompres Es Batu


Mengopres pipi di bagian yang sakit dengan es batu terbilang ampuh sebagai cara mengatasi sakit gigi bungsu. Dinginnya es batu membuat syaraf Moms menjadi kebas sementara, sebelum sakit gigi Moms ditangani dokter. Caranya adalah dengan membungkus es batu secukupnya dengan sapu tangan kemudian tempelkan pada bagian yang sakit kurang lebih 15 menit.

source: https://www.pexels.com


 

Cengkeh


Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi oleh orang terdahulu. Minyak ini diklaim dapat membantu meredakan nyeri pada gigi karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami. Caranya adalah dengan meneteskan 2 tetes minyak cengkeh pada kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Namun, hati-hati jika gigi Moms berlubang. Karena kontak langsung dengan minyak cengkeh mungkin bisa membuat gigi Moms justru semakin sakit.

source: https://www.pexels.com


 

baca juga

Mengunyah Daun Jambu


Daun jambu bersifat anti-radang, analgesik, dan antimikrobial, sehingga dapat meredakan nyeri pada gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan daun jambu adalah dengan mengunyah satu-dua lembar daun jambu sampai ekstraknya keluar. Setelah itu dengan lidah Anda raih gigi yang sakit dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut atau Moms bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu. Lalu diamkan larutan tersebut selama beberapa saat hingga dingin dan tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

source: https://jateng.tribunnews.com

Selain dengan cara alami, Moms bisa meredakan nyeri pada gigi dengan mengonsumsi obat-obatan seperti acetaminophen, ibuprofen atau naproxen. Namun, jika sakit gigi Moms tidak juga mereda, Moms sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Agar sakit gigi Moms mendapat penangan lebih lanjut.