Apa penyebab rambut rontok?


Dilansir dari healthline.com, pria ternyata lebih mudah kehilangan rambut daripada wanita. Hal ini disebabkan oleh kebotakan. Namun tak jarang, rambut rontok juga dialami oleh wanita. Rambut rontok terjadi karena beberapa hal:
  • Stress
  • Perubahan Hormon
  • Kulit Kepala Tidak Sehat
  • Keturunan
Untuk mengatasi rambut rontok, diperlukan juga penyebab rambut rontok. Karena berbeda penyebabnya, akan beda juga penangannya. 

Nah berikut ini cara mengatasi rambut rontok parah yang bisa Moms coba di rumah. 
Apa penyebab rambut rontok?
Stress bisa menyebabkan rambut rontok
source: https://www.healthline.com/symptom/hair-loss

Untuk mengatasi rambut rontok, diperlukan juga penyebab rambut rontok. Karena berbeda penyebabnya, akan beda juga penangannya. Nah berikut ini cara mengatasi rambut rontok parah yang bisa Moms coba di rumah. 

Ragam bentuk stress seperti tekanan di pekerjaan, stress mengurus rumah, stress setelah melahirkan dan jenis trauma yang menyebabkan stress bisa membuat rambut rontok secara signifikan. Menurut hellosehat, stress bisa menggangu masa siklus rambut dan mempercepat kerontokan. 

Jika masalah kerontokan rambut ada pada stress, Moms bisa menghindari gejala stress tersebut dengan selalu berpikir positif dan juga bahagia. Untuk cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, Moms bisa meminta bantuan orang terdekat agar bisa mendukung dan selalu memberikan bantuan supaya terhindar dari stress yang bisa menyebabkan kerontokan. 



Biasanya perubahan hormon dialami oleh Moms yang menggunakan alat kontrasepsi. Salah satu dampak yang sering dialami oleh pengguna alat kontrasepsi adalah perubahan hormon yang menyebabkan rambut rontok, ketombe, jerawat dan perubahan hormon lainnya. 

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe bila mengalami perubahan hormon tentu mengganti alat kontrasepsi yang cocok supaya hormon Moms tidak terganggu. 

Kulit kepala yang tidak sehat tentu menjadi penyebab rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dalam kasus ini adalah gunakan produk untuk merawat rambut yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfida, ketoconazole, dan tar batubara. Kandungan ini bisa mengobati kulit kepala yang tidak sehat sehingga menyebabkan rambut rontok. 



Ternyata rambut rontok juga disebabkan oleh keturunan lho Moms. Wanita yang memiliki keturunan penipisan rambut akan mengalami penipisan di usia 50-60 tahun. Namun tidak menutupi kemungkinan wanita ini sudah mengalami kerontokan di usa 20 tahun. 

Untuk cara mengatasi rambut rontok dan kering yang terjadi akibat keturunan adalah coba menggunakan penumbuh rambut. Namun, hal ini harus dilakukan jika sudah dikonsultasikan ke dokter ya Moms. 

Nah, banyak ya Moms penyebab rambut rontok. Jadi kalau sudah tahu penyebabnya maka mengatasinya pun dengan cara yang berbeda.