Wajah Berminyak Memang Harus Dirawat, Kalau Tidak...


Sebenarnya, wajah yang cenderung berminyak tak selalu merugikan lho Moms. Kandungan minyak alami yang keluar dari dalam tubuh bisa menjadi pelembab alami yang akan meminimalisir pengaruh buruk lingkungan merusak kulit. Bahkan, banyak yang bilang kalau orang yang kulitnya berminyak cenderung awet muda karena kulitnya tidak mudah keriput.

Wajah Berminyak Memang Harus Dirawat, Kalau Tidak...

Namun masalahnya, jika tidak dirawat dengan benar, kulit berminyak akan membuat wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat. Karenanya, Moms yang memiliki kecenderungan ini memang harus paham betul cara merawatnya. Tidak perlu perawatan mahal, ada kok cara merawat wajah berminyak secara alami.
 

Tips #1: Cara Mencuci Muka yang Benar


Cuci muka adalah aturan penting yang harus dipatuhi dalam perawatan kecantikan. Lupakan mitos yang mengatakan bahwa cuci muka bisa mengurangi kelembaban kulit. Cuci muka adalah cara merawat kulit berminyak berjerawat dan berkomedo. Namun tentu saja, cara mencucinya juga harus benar. Disarankan, Moms menggunakan air hangat-hangat kuku untuk mencuci muka.

Tips #1: Cara Mencuci Muka yang Benar

Untuk kulit berminyak, sebaiknya jangan menggunakan sabun cuci muka yang mengandung scrub atau beraroma. Pasalnya, pembersih wajah tersebut seringkali mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk kulit. Gunakan sabun yang memang didesain untuk mengontrol kadar minyak dan jangan lupa mencuci muka dengan sabun setidaknya dua kali sehari. Satu lagi, jangan pernah menggunakan sabun mandi atau yang tidak diformulasikan untuk wajah.
 

baca juga

Tips #2: Makeup untuk Kulit Berminyak


Masalah lain yang mungkin timbul akibat kulit berminyak adalah tumbuhnya jerawat. Nah, hal ini biasanya disebabkan olek penggunaan make up, Moms. Jika kegiatan sehari-hari menuntut Moms untuk selalu menggunakan makeup, maka pastikan produk yang digunakan punya kemampuan mengontrol minyak.

Tips #2: Makeup untuk Kulit Berminyak

Selain menggunakan kosmetik yang tepat, cara untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakannya tipis-tipis saja. Walau wajah berjerawat, jangan terlalu sering menggunakan foundation tebal karena akan membuat kulit kesulitan bernapas. Coba ganti foundation dengan BB cushion atau produk yang zero sebum agar kulit tetap bebas bernapas. Eits, jangan lupa membersihkan makeup sebelum tidur, ya!
 

Tips #3: Perawatan yang Tepat untuk Kulit Berminyak


Dampak negatif lain dari kulit berminyak adalah wajah kusam. Dan cara merawat wajah berminyak dan kusam adalah menggunakan bahan-bahan kecantikan, mulai dari masker, skincare, dan lain sebagainya. Usahakan melakukan perawatan alami seperti masker dengan bahan coklat, mentimun, putih telur dan lain-lain. Selain itu jangan lupa menggunakan sunscreen dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk penggunaan skincare ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter kulit.

Tips #3: Perawatan yang Tepat untuk Kulit Berminyak

Ternyata cara merawat wajah berminyak mudah sekali ya Moms. Tidak perlu melakukan perawatan mahal ke salon kok, Moms cukup melakukannya di rumah dengan harga murah meriah. Jaga dan rawat selalu kulit ya, Moms, karena itu adalah aset berharga bagi kita semua.