Minyak Zaitun

 
Source: https://www.hellosehat.com

Sejak zaman dulu kala, minyak zaitun telah diandalkan untuk  berbagai keperluan. Mulai dari memasak, kesehatan dan juga untuk perawatan kecantikan. Kandungan vitamin dan mineralnya memiliki manfaat baik untuk rambut, menjadikan rambut panjang sekaligus menjaga kelembapannya.

​​​Caranya cukup mudah. Moms hanya perlu menyiapkan minyak zaitun secukupnya. Agar hasilnya optimal, sebaiknya moms keramas terlebih dahulu agar kotoran pada rambut tidak menghambat proses penyerapan. Setelah itu, baru oleskan minyak zaitun ke seluruh rambut mulai dari akar sampai ujung. Diamkan satu jam, lalu bilas menggunakan air dingin.

Lidah Buaya

 
Source: https://www.lifesyle.kompas.com

Lidah buaya merupakan tanaman penumbuh rambut alami yang memiliki segudang manfaat. Tanaman ini kaya akan kandunga asam amino dan protein sehingga baik untuk kesehatan rambut.

Cara mengaplikasikannya juga sangat gampang. Moms hanya perlu menyiapkan beberapa potong tanaman lidah buaya. Kupas kulitnya dan ambil gelnya untuk dioleskan di rambut. Balurkan gel secara merata dari akar sampai ujung rambut.

Kemudian, bungkus rambut dengan handuk dan biarkan selama semalaman. Esok paginya, bilas rambut menggunakan shampoo sampai bersih. Lakukan hal ini sekali seminggu untuk hasil yang optimal.

baca juga

Seledri

 
Source: https://www.jogja.tribunnews.com

Selain sebagai makanan, seledri juga bisa dijadikan solusi penumbuh rambut botak, moms. Caranya cukup mudah. Ambil 10 batang seledri, cuci hingga bersih dan potong kecil-kecil. Haluskan potongan seledri menggunakan blender. Campurkan juga satu butir telur ke dalamnya, lalu blender sampai halus.

Cara mengaplikasikannya cukup dengan mengoleskan jus seledri tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata. Sertai pula dengan pijatan-pijatan ringan di kepala agar bahannya dapat meresap dengan baik. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan shampoo hingga bersih. Untuk hasil optimal, rutin lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu.

Minyak Kemiri

 
Source: https://www.travel.tribunnews.com

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan rambut di salon, moms bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapur untuk merawat rambut. Kemiri misalnya. Bumbu dapur ini dapat diolah menjadi minyak kemiri yang cukup ampuh untuk menyuburkan rambut. Selain itu juga bisa jadi solusi tepat penumbuh rambut botak.

Caranya cukup mudah. Siapkan biji kemiri yang telah terkelupas dari cangkangnya. Sangrai biji kemiri di wajan tanpa menggunakan minyak sampai matang. Setelah itu, haluskan menggunakan tumbuk atau blender. Terakhir, peras minyaknya dengan menggunakan air.

Nah, minyak kemiri ini kemudian dioleskan ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan menggunakan shampoo. Tidak cuma untuk orang dewasa saja, minyak kemiri juga bermanfaat sebagai penumbuh rambut bayi, lho moms.

baca juga

Itu dia beberapa tips penumbuh rambut alami yang patut moms coba. Semoga bermanfaat.