Manfaat Kacang tanah Rebus


Sering kita jumpai kacang rebus banyak disajikan dalam beberapa acara dan banyak dikonsumsi oleh beberapa orang. Kita juga dapat menjumpai kacang tanah di pinggir jalan yang biasanya dijual bersama jagung kukus, ubi kukus, dan lainnya. Rasanya yang simple dan khas membuat kacang tanah rebus banyak digemari oleh semua kalangan umur.

Biasanya kacang tanah direbus hanya dengan beberapa garam dan disajikan dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. Berikut ini beberapa manfaat dari kacang tanah rebus yang dapat moms dapatkan setelah mengkonsumsi.

  1. Memperkecil risiko serangan jantung
  2. Mencerahkan kulit wajah
  3. Menurunkan kadar gula darah
  4. Mengurangi risiko penyakit kanker usus
  5. Menurunkan depresi
  6. Mempercepat pertumbuhan rambut
  7. Memperkecil risiko terkena batu empedu dan infeksi hati
  8. Sebagai sumber energi tubuh
  9. Sebagai antioksidan alami
  10. Menetralkan racun
Manfaat Kacang tanah Rebus
source: https://id.pinterest.com


 

Manfaat Kacang tanah untuk Ibu Hamil


Kacang tanah rupanya mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil lho! Namun perlu moms ketahui bahwa ada juga beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan jadi sebelum mengkonsumsi diharapkan agar berhati-hati ya, terutama bagi ibu hamil karena akan menyebabkan gangguan terhadap janin.

Karena memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang melimpah, kacang tanah sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari kacang tanah yang sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam perut ibu.

  1. Mencegah janin lahir cacat
  2. Mencegah anemia pada ibu hamil
  3. Mengembangkan tulang dan jaringan
  4. Sebagai sumber mineral yang baik untuk ibu dan janin
  5. Mencegah ibu hamil dari Diabetes
  6. Sebagai cemilan yang mengenyangkan
  7. Memenuhi kebutuhan folat yang baik untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan otot serta bagian sumsum tulang belakang si kecil
Namun perlu moms ketahui meski kacang tanah baik untuk tubuh, mengkonsumsi yang berlebihan juga tidak baik ya! Sebab terlalu banyak mengkonsumsi kacang tanah akan menyebabkan asam urat. Jangan sampai zat yang harusnya berguna untuk tubuh malah menjadi penyakit moms.
Manfaat Kacang tanah untuk Ibu Hamil
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Manfaat Kacang tanah untuk Pria


Tak hanya memberikan manfaat untuk wanita rupanya kacang tanah juga bermanfaat untuk pria lho! Kacang tanah memiliki banyak nutrisi dan zat seperti asam folat, vitamin E, vitamin B kompleks, fosfor, vitamin A, vitamin K, kolin, lesitin, kolin, kalsium, protein, mangan, biotin, protein, magnesium, serat, lemak tak jenuh tunggal, dan antioksidan.

Rasanya yang gurih dan nikmat banyak disukai oleh beberapa pria dan dijadikan sebagai makanan cemilan favorit mereka. Tak hanya rasanya yang enak, kacang tanah memberikan manfaat untuk pria, berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk pria.

  1. Mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas dan mobilitas sperma
  2. Menjaga selaput sperma agar tetap dalam kondisi sehat
  3. Melindungi sperma dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas
  4. Meningkatkan kemampuan sperma agar bisa menembus ke dalam sel telur
  5. Mengandung vitamin B Kompleks untuk mengatasi kerusakan genetik pada sel sperma
  6. Meningkatkan fertilitas pria
  7. Meningkatkan produksi hormon testoteron 
  8. Meningkatkan energi dan stamina ketika berhubungan seksual
  9. Mengatasi dan mencegah disfungsi ereksi
Manfaat Kacang tanah untuk Pria
source: https://id.pinterest.com


 

Manfaat Kacang tanah untuk Diet


Moms rupanya kacang tanah dapat membantu program diet lho! Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering mengonsumsi kacang-kacangan akan terbantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan orang yang mengkonsumsi kacang tanah dan menjalankan program diet akan cepat merasa kenyang setelah mengonsumsi kacang tanah.

Kacang Tanah mengandung lemak sehat dan serat sehingga membuat orang tidak cepat merasa lapar. Rasa kenyang membuat orang jadi tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Berikut ini beberapa tips mengkonsumsi kacang tanah untuk diet yang bisa moms terapkan di rumah.

  1. Konsumsi kacang yang mengandung sekitar 160-200 kalori tiap 28 gram yang setara dengan satu genggaman tangan tiap harinya
  2. Hindari mengkonsumsi secara berlebihan, taruh di mangkuk kecil dan habiskan secara perlahan saja
  3. Taruh kacang di wadah plastik kecil untuk sebagai camilan, batasi menyemil kacang agar teratur
  4. Selain bentuk kacang murni moms dapat mengolah kacang menjadi selai lalu oleskan di atas roti gandum
  5. Kacang dapat juga ditaburkan ke dalam sereal sarapan pagi, yoghurt rendah lemak, dan salad
  6. Kacang rebus adalah pilihan yang tepat dan menyehatkan
Manfaat Kacang tanah untuk Diet
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Manfaat Kacang tanah untuk Ibu Menyusui


Seorang ibu yang sedang menyusui membutuhkan banyak nutrisi untuk mensuplai ASI agar kelenjar susu dapat mengalir dan memenuhi kebutuhan si kecil. Moms dapat memberikan ASI yang baik dan bergizi dengan mengkonsumsi kacang tanah lho! Berikut ini beberapa manfaat yang dapat moms peroleh ketika mengkonsumsi kacang tanah saat menyusui.

  1. Meningkatkan energi tubuh ibu agar tidak cepat lelah
  2. Mencukupi kebutuhan protein dan lemak tak jenuh, protein sangat baik untuk membantu agar luka bekas melahirkan moms cepat sembuh. Kemudian kandungan lemak tak jenuh juga akan membantu cara agar ASI keluar banyak
  3. Mengatasi baby blues pada ibu, baby blues adalah sebuah kondisi dimana ibu yang baru melahirkan bisa merasakan sedih, gelisah, perasaan yang sangat rentan, emosi yang naik turun dan hampir sama seperti ciri-ciri menstruasi
  4. Menjaga kadar gula yang normal
  5. Baik untuk sistem pencernaan
  6. Baik untuk kesehatan jantung
  7. Membantu menurunkan kolesterol
  8. Menjaga kesehatan kulit
  9. Menurunkan berat badan
  10. Menjaga kesehatan empedu
  11. Mengatasi depresi
Manfaat Kacang tanah untuk Ibu Menyusui
source: https://id.pinterest.com

Mengkonsumsi kacang tanah memang sangat baik untuk tubuh ya moms, namun konsumsi yang seimbanglah yang memberikan manfaat positif. Jadi jangan mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan ya! Tetap sehat moms bersama keluarga!