Beras Basmati adalah beras yang berasal dari India. Dalam bahasa India, "basmati" berarti lembut, sedangkan dalam bahasa Sansekerta berarti harum atau wangi. Keunikan beras Basmati ini terletak pada ukurannya yang memanjang dan mudah terurai. Berbeda dengan beras putih yang pada umumnya ukurannya agak pendek. Aroma beras basmati ini juga terkenal wangi.

Manfaat Beras Basmati


Manfaat beras basmati diantaranya adalah,
  • Mengandung banyak serat yang dapat memperlancar pencernaan dan menghindari resiko kanker usus
  • Kadar glukosa rendah sehingga bagus untuk pelaku diet atau penderita diabetes
  • Karbohidrat yang terkandung cukup untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama
  • Bebas kolesterol karena mengandung lemak yang sangat sedikit dan bebas gluten
  • Mengandung vitamin tiamin dan niacin yang bagus untuk saraf dan jantung
  • Mengandung zat besi yang bagus untuk tulang
Manfaat Beras Basmati
source: http://tipsdoktercantik.com
baca juga

Beras basmati saat ini yang paling populer adalah beras basmati Abu Kass. Merek beras basmati Abu Kass ini menjadi primadona untuk restaurant India dalam membuat nasi briyani. Selain itu, beras basmati Abu Kass ini juga dijual bebas dan laku keras dibeli oleh orang-orang yang sedang diet dan atau mengurangi gula.

Selain Abu Kass, ada pula merek beras basmati India Gate, Shan dan Mumbai. Kalau Moms ingin mencari langsung, Moms bisa cari lewat e-commerce atau online. Apabila Moms berada di Surabaya atau Bandung, Moms bisa mencari beras Basmati Surabaya dan beras Basmati Bandung. Karena di kedua kota tersebut cukup banyak yang menjual beras Basmati.
Manfaat Beras Basmati
source: http://hargamurah101.web.id


 

Menu MPASI Anak


Menu karbohidrat tidak boleh hilang untuk MPASI si kecil. Moms bisa mencoba beras basmati untuk si kecil. Cara masaknya pun cukup mudah, sama seperti beras putih biasa namun alangkah baiknya bila dimasak dengan slow cooker. Beras basmati hanya membutuhkan waktu yang relatif lebih cepat dibanding beras lain. Beras basmati ketika matang akan mengurai atau tidak menempel satu dengan yang lain. Tekstur beras ini pun halus dan lembut.

Beras basmati vs beras merah? Mana sih yang lebih cocok untuk si kecil? Mommyasia sarankan lebih cocok beras basmati karena teksturnya yang halus dan lembut, memudahkan si kecil untuk menelannya. Sedangkan beras merah cenderung bisa menjadi keras dan susah ditelan. Beras merah pun memakan waktu masak yang lebih lama dan butuh tekanan.
Menu MPASI Anak
source: http://tokoberasberkualitas.blogspot.com
Nah itu dia, gambaran beras basmati untuk menu MPASI si kecil. Perlu diperhatikan Moms, beras basmati cenderung cocok untuk bayi berumur 9 bulan keatas. Apabila buah hati berumur kurang dari 9 bulan, Moms bisa mencoba untuk melembutkan lagi. Saat si kecil sedang asyik menikmati menu MPASI-nya tetap diperhatikan ya Moms, takutnya beras basmati masih kurang lembut dan si kecil bisa tersedak. Semangat untuk MPASInya Moms!