Sakit perut perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan gejala masalah yang lebih serius. Lokasi yang berbeda terkadang mengindikasikan masalah yang berbeda pula. Berikut ini beberapa  gejala rasa sakit perut dengan kemungkinan masalah yang dapat menyebabkan rasa sakit tersebut.

Sakit Perut Sebelah Kiri

 
  1. Pankreatitis - pankreas terletak di sisi kiri atas perut dan ketika ada masalah seperti pankreatitis, maka daerah ini biasanya akan terasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya terjadi mendadak dan terkadang menjalar ke punggung.
  2. Gastritis - Gastritis adalah masalah yang terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Gejalanya berupa sakit perut pada bagian kiri atas yang terasa perih dan terbakar. Terkadang rasa sakit ini juga disertai dengan mual dan muntah. 
  3. Penyakit Ginjal - Rasa nyeri pada perut kiri bawah juga dapat menjadi pertanda bahwa terdapat masalah pada ginjal. Gejalanya bisa disertai dengan demam, mual, muntah, serta nyeri di pangkal paha.
  4. Hernia - Pada hernia, gejalanya terasa sakit di perut sebelah kiri terutama saat batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.
  5. Ulcerative Colitis - disebut juga peradangan saluran pencenaan dengan gejala sakit perut, diare serta feses berdarah dan berlendir.
  6. Irritable Bowel Syndrome - Penyakit berupa gangguan pencernaan yang menyerang usus besar ini terasa seperti kram perut bagian bawah, kembung, serta buang gas. Terkadang gejalanya juga disertai dengan sembelit ataupun diare.
Sakit Perut Sebelah Kiri
source: https://healthhearty.com


 

baca juga

Sakit Perut Sebelah Kanan

 
  1. Apendisitis - Disebut juga dengan radang usus buntu, dan paling sering terasa sebagai rasa nyeri pada pertu sebelah kanan bawah. Gejala bisa disertai dengan mual, muntah, serta demam.
  2. Kolik Bilier - Nyeri kanan atas yang muncul tiba-tiba bisa jadi merupakan kejala kolik bilier atau sumbatan pada saluran empedu. 
  3. Batu Ginjal - Masalah batu ginjal juga dapat terasa seperti nyeri pada bagian kanan yang disertai dengan kram, mual, serta muntah.
Sakit Perut Sebelah Kanan
source: https://www.thehealthsite.com


 

Sakit Perut Bagian Bawah

 
  1. Radang Panggul - Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit pada perut bagian bawah serta keputihan. Terkadang, disertai juga dengan demam, sakit saat berhubungan seks, saat buang air kecil, hingga perdarahan yang tidak teratur.
  2. Kanker Serviks - Kanker serviks biasanya juga diawali dengan gejala berupa nyeri pada perut bawah, keputihan, serta perdarahan yang tidak wajar pada vagina.
  3. Infeksi Jamur - Infeksi jamur pada vagina juga akan menimbulkan nyeri pada perut bawah. Terkadang disertai gatal serta iritasi.
  4. Uretritis - Iritasi ini menimbulkan gejala sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri pada perut bawah, gatal pada ujung penis, serta adanya darah atau mani pada urine.
Sakit Perut Bagian Bawah
source: https://www.verywellhealth.com


 

baca juga

Sakit Perut Bagian Tengah

 
  1. Keracunan Makanan - Terutama jika disertai dengan muntah yang langsung terjadi setelah mengonsumsi makanan.
  2. Demam tifoid - Penyakit akibat infeksi bakteri Salmonella typhi pada usus. Selain sakit pada perut, gejalanya juga meliputi demam, diare, konstipasi, mual, muntah, dan lidah yang kotor.
  3. GERD - Masalah asam lambung dengan gejala yang disertai rasa pahit di tenggorokan, dada terasa panas, dan nyeri pada dada.
  4. Hepatitis - Terjadi karena hati mengalami peradangan. Selain terasa nyeri, beberapa gejala lain meliputi mual, muntah, demam, kulit berwarna kuning, serta meningkatnya enzim hati.
Sakit Perut Bagian Tengah
source: https://www.practo.com


 

Sakit Perut Bagian Atas

 
  1. Tukak Lambung - Perut akan terasa sangat perih dan umumnya rasa sakit ini muncul pada malam hari. Namun terkadang rasa nyeri juga terasa tidak lama setelah makan.
  2. Pankreatitis - Pankreatitis biasanya diawali dengan rasa nyeri pada perut bagian atas sebelah kiri.
  3. Gangguan Pencernaan - Ketika Moms mengalami gangguan pencernaan, umumnya akan terasa sakit pada perut bagian atas dekat ulu hati.
  4. Irritable Bowel Syndrome - Seperti yang telah disebutkan di atas, penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada perut bagian atas terutama sebelah kiri.
  5. Penyakit Pada Kantung Empedu - Masalah ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti mual, demam, muntah, sakit kuning, serta feses yang berwarna keputihan.
Sakit Perut Bagian Atas
source: https://www.rd.com

Waspadai rasa sakit pada perut yang disertai dengan beberapa gejala di atas. Namun, kalaupun jika Moms hanya merasakan nyeri saja pada perut, Moms tetap perlu waspada dan segera cari bantuan tenaga medis. Semakin cepat mengatahui penyebab rasa nyeri yang muncul pada perut akan semakin baik.