Di lingkungan rumah, bukan lah hal yang aneh lagi jika kita melihat begitu banyak binatang yang berkeliaran di sekitar rumah. Sebut saja tikus, cicak, nyamuk atau pun lalat.

Dari sekian banyak binatang liar yang ada di sekitar rumah, lalat adalah hama yang tergolong mengganggu. Kuman yang dibawanya dari tempat-tempat kotor yang dihinggapinya, menimbulkan risiko kesehatan serius. Mulai dari sakit perut ringan, tipes, tuberculosis hingga difteri.

Jangan sampai Moms dan keluarga menjadi korbannya ya. Ini dia beberapa cara mengusir lalat yang bisa dilakukan.

Pengusir lalat alami


Lalat rumah perlu dibasmi. Pengusir lalat yang efektif tak melulu menggunakan bahan kimia kok, tetapi bisa dengan bahan-bahan alami. 

Daun kemangi, misalnya. Aroma daun kemangi cukup menyengat sehingga lalat enggan mendekat. Cara membuat pengusir lalat alami dari kemangi ini mudah sekali, Moms. Masukkan daun kemangi ke dalam plastik yang telah diisi air. Sebelumnya, remas-remas dulu ya daun kemanginya agar keluar aromanya. Gantungkan plastik berisi kemangi ini di tempat yang sering dilalui lalat. Niscaya lalat akan kabur, ruangan pun wangi.


 

baca juga

Pengusir lalat paling ampuh


Butuh mengusir lalat secara cepat? Beberapa alat pengusir lalat ini bisa dicoba, Moms. 

  • Kipas angin

Nyalakan kipas angin dan arahkan ke tempat yang dilalui banyak lalat. Pastikan posisi kipas angin menghadap ke arah luar pintu ya supaya lalat tidak masuk ke tempat semula.

  • Lilin

Di meja makan dihampiri banyak lalat? Harus segera diusir, Moms. Selain bawa penyakit, rasanya tak nyaman juga ya makan dengan lalat yang mendengung-dengung. Caranya sederhana kok. Cukup nyalakan beberapa batang lilin. Panas api dari lilin membuat lalat tidak mau mendekat.
 


 

Semprotan pengusir lalat


Mau bikin semprotan pengusir lalat yang bebas bahan kimia? Moms bisa membuatnya dari air serai. Caranya: memarkan 3 batang serai segar dan rebus bersama air mendidih hingga aroma serai keluar. Masukkan air seraike dalam botol semprot dan tambahkan air secukupnya. Kocok rata.

Semprotan pengusir lalat alami pun siap digunakan. Dengan campuran air serai ini, aroma ruangan pun akan menjadi wangi. 


 

baca juga

Cara mengusir lalat dengan garam


Cara simpel lainnya untuk mengusir lalat adalah dengan garam dapur. Cukup taburkan garam pada tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat. Maka lalat pun akan terusir dengan sendirinya. Selain itu cara ini juga dapat mencegah semut berkeliaran di sekitar meja makan dan dapur.

source: https://www.rationalheathen.com


 

Cara mengusir lalat dengan bawang putih


Alternatif lain mengusir lalat di meja makan adalah dengan bawang putih. Aroma menyengat bawang putih bikin lalat kabur jauh-jauh. Kupas bawang putih dan sedikit digeprek agar aromanya keluar. Letakkan di sekitar meja makan. Jika masih banyak lalat berkeliaran, letakkan juga cabe di sekitarnya.

source: http://bestdietpills2019.pro/

Itu dia beberapa pengusir lalat ampuh yang bisa Mom gunakan di rumah. Selalu jaga lingkungan rumah agar senantiasa bersih dan terhindar dari penyakit ya, Moms. Semoga informasi ini menginspirasi.