Indonesia terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya yang luar biasa. Tak heran jika komoditi alam ini menjadi primadona baik oleh masyarakat Indonesia sendiri maupun pedagang dari luar negeri. 

Salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia adalah kayu manis. Kayu manis merupakan pohon yang tergolong dalam genus Cinnamomum. Dalam pengolahannya, kayu manis diambil bagian kulitnya untuk dimasak atau pun dihancurkan menjadi bentuk bubuk.

Di negara Barat, kayu manis menjadi favorit untuk campuran pembuatan roti, konsumsi sereal, buah-buahan atau pun minuman. Sedangkan di daerah Timur Tengah, kayu manis digunakan sebagai bahan campuran masakan berbahan ayam dan domba untuk meningkatkan aroma dan rasa.

Selain untuk makanan dan minuman, manfaat kayu manis juga berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat kayu manis dan madu


Minum secangkir air madu hangat dengan kayu manis, rasanya sungguh nikmat. Dibalik kenikmatannya, ternyata minuman ini mengandung energi, karbohidrat, protein, vitamin, fosfor dan zink yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, khususnya di musim pancaroba. Selain itu, minuman ini dipercaya mengurangi kolesterol. Layak dicoba nih untuk minuman keluarga sehari-hari, Moms.

Manfaat kayu manis dan madu
source: https://www.foodsforbetterhealth.com


 

baca juga

Manfaat kayu manis untuk wajah


Masker yang terbuat dari kayu manis bubuk dipercaya mampu menyembuhkan jerawat. Ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat anti mikroba yang melawan bakteri penyebab jerawat dan peradangan.

Cara membuatnya mudah kok. Campuran 2 sendok madu dengan 1 sendok kayu manis bubuk. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian wajah. Bilas dengan air hangat, keringkan.

Oh iya, Moms, sebaiknya lakukan tes alergi dulu ya sebelum mengaplikasikan masker ke wajah. Tes alergi bisa dilakukan di lengan dalam sekitar 1 hari sebelumnya untuk mencegah reaksi panas akibat pemakaian kayu manis.

Manfaat kayu manis untuk wajah


 

Manfaat kayu manis untuk diabetes


Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Care di tahun 2003 menemukan adanya efek signifikan konsumsi kayu manis terhadap kadar gula darah hingga 18-29%. Kayu manis dapat menghambat enzim pencernaan yang memecah karbohidrat, sehingga kenaikan gula darah bisa diperlambat. 

Manfaat kayu manis untuk diabetes
source: http://africanripples.com


 

baca juga

Manfaat kayu manis untuk kesuburan


Ternyata, ada kaitannya antara konsumsi kayu manis dengan kesuburan, Moms. Bagi mereka yang mengidap Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), fungsi ovarium yang tidak normal mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini berpengaruh pada produksi insulin dalam tubuh perempuan yang lambat sehingga pengidap PCOS berisiko diabetes.

Konsumsi kayu manis dapat mengembalikan produktivitas insulin dalam tubuh sehingga kesuburan pun meningkat.

Manfaat kayu manis untuk kesuburan
source: https://www.publicdomainpictures.net


 

Manfaat kayu manis untuk diet


Tahukah Moms, rutin mengonsumsi kayu manis berpengaruh terhadap penurunan berat badan lho. Cara mengonsumsinya mudah dan enak. Siapkan 1 sdm kayu manis atau 2 batang kayu manis gulung. Rebus bersama 1 gelas besar air. Tambahkan 2 sdm madu ke dalamnya. Aduk rata dan minum secara rutin. 

Menakjubkan bukan manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan? Pilih kayu manis batang yang bentuknya lurus dan utuh, tanpa noda hitam atau pun lubang. Simpan dalam wadah kering dan kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

Selamat mencoba!