Mommys, sejak kecil dulu orang tua kita suka memakai bahan alami untuk merawat kita termasuk merawat rambut kita. Sejak dulu salah satu minyak yang sering dipakai untuk perawatan rambut kita adalah minyak kemiri. 

Minyak kemiri memang terkenal sangat baik untuk kesehatan rambut, ternyata selain untuk kesehatan rambut minyak kemiri punya manfaat lain loh, seperti manfaat minyak kemiri untuk alis adalah untuk menebalkan dan menutrisi pertumbuhan alis.

Kita juga bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk bulu mata yakni melentikkan dan memberi nutrisi ke akar agar tidak mudah rontok dan masih banyak lagi manfaatnya loh Mommys, yuk cari tahu disini.

Ragam Manfaat Minyak Kemiri, Moms Harus Tahu
source: http://medium.com

Minyak kemiri adalah  minyak yang didapatkan dari proses ekstraksi biji kemiri. Biji kemiri sendiri sangat mudah ditemui di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. 

Minyak kemiri mengandung:

Asam oleic (15%)
yaitu asam lemak yang secara alami terdapat pada binatang dan tumbuhan. Asam oleic adalah komponen utama bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan juga pelarut dalam produk aerosol. Asam oleic merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang dikaitkan dengan kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Asam linoleic (40%)
yaitu asam lemak tak jenuh omega-6 yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena dipercaya bersifat antiradang, melembapkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Asam linolenic (kurang dari 30%)
yaitu salah satu asam lemak omega-3 yang diperlukan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.

Ragam Manfaat Minyak Kemiri, Moms Harus Tahu
source: http://mothernature.com

Ragam manfaat minyak kemiri 

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

1. Mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe
Di dalam minyak kemiri ternyata terdapat kandungan asam linoleat loh. Asam linoleat adalah sejenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki fungsi sebagai anti-radang. 

2. Mengurangi kerontokan
Selain kandungan omeganya, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala dan menutrisi akar rambut. Dengan begitu rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok lagi.

3. Merangsang pertumbuhan rambut
Nah, minyak kemiri juga berfungsi sebagai alat perangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minta kemiri pada rambut secara rutin, maka rambut perlahan-lahan akan tumbuh subur

4. Menjadikan rambut dan kulit kepala sehat
Kandungan asam amino di dalam minyak kemiri ternyata juga mampu menutrisi kulit kepala dan menembus jauh ke dalam akar rambut yang menjadikan rambut lebih sehat ternutrisi.

baca juga
Ragam Manfaat Minyak Kemiri, Moms Harus Tahu
source: http://nutrafol.com

5. Menghitamkan rambut
Tahukah Mommys bahwa di dalam minyak kemiri terdapat kandungan asam miristat yang sangat bermanfaat sekali untuk menjadikan rambut hitam.

6. Membuat rambut tampak lebih indah
Protein dan mineral adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, begitu juga dengan rambut. Protein dan mineral dapat  dijadikan sebagai nutrisi tambahan untuk merawat rambut agar tampak lebih indah dan sehat.

7. Membuat Rambut Lebih Lebat Dan Tebal
Selain dapat mengatasi masalah kerontokan rambut, minyak kemiri juga dapat menebalkan rambut . Nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri berfungsi seperti pupuk pada tanaman.

8. Membuat Rambut Cepat Panjang
Minyak kemiri dapat memanjangkan rambut  sampai maksimal. Gunakan minyak kemiri setiap hari, untuk rambut panjang dan tebal, oleskan pada kulit kepala lalu pijat secara merata. Lakukan ini secara rutin agar rambut  panjang dan tebal.

Ragam Manfaat Minyak Kemiri, Moms Harus Tahu
source: http://wellwithinbeauty.com


Selain untuk rambut, minyak kemiri punya manfaat untuk perawatan wajah loh Mommys. 

Manfaat minyak kemiri untuk wajah

Minyak kemiri memiliki kandungan alami, seperti asam stearat (asam lemak jenuh) dan vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit juga sebagai pengganti lotion. Selain itu minyak kemiri juga bermanfaat untuk melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UV dengan kandungan senyawa pada minyak kemiri dapat melindungi kulit saat beraktivitas di siang hari, sehingga kita tidak perlu khawatir akan sengatan sinar matahari pada kulit. Selain itu minyak kemiri juga berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah

Sekarang sudah banyak produk kecantikan untuk rambut dan kulit kepala hingga banyak merk penyubur dan penumbuh rambut menggunakan bahan dasar minyak kemiri, salah satunya minyak kemiri Al Khodry. Manfaat minyak kemiri Al Khodry nggak berbeda dengan minyak kemiri lain yaitu untuk pertumbuhan rambut.