Perut kembung bisa terjadi kepada siapa saja baik anak maupun orang dewasa. Banyak yang mengira bahwa keadaan tersebut disebabkan oleh masuk angin, sehingga sering dianggap remeh padahal perut kembung juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya loh Mommys.

Perut kembung merupakan kondisi yang terjadi akibat banyaknya gas yang berkumpul di dalam perut, biasanya  akan memberikan gejala  perut terasa bergejolak dan akan membaik dengan sendirinya dalam waktu singkat. 

Awas Bahaya Perut Kembung, Atasi Segera dengan Cara Ini!
source: http://merahputih.com

Perut kembung menjadi berbahaya jika disertai gejala :

  • Turun Berat Badan Drastis
  • Perut buncit
  • Nyeri dan perih di perut
  • Pendarahan saat buang air
  • Demam

Nah, Jika Mommys mengalami gejala diatas segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengobati penyakit yang diderita.

Cara mengatasi mengatasi perut kembung

  • Konsumsi makanan yang tinggi potasium

Kembung terjadi apabila perut mengalami kelebihan cairan ataupun gas. Makanan yang mengandung potasium akan membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Makanan yang tinggi akan potasium diantaranya ialah pisang, blewah, mangga, bayam dan tomat.

  • Menambahkan irisan lemon

Cara mengatasi perut kembung dan mual salah satunya dengan memasukkan beberapa irisan lemon ke dalam minuman yang membantu menstimulasi saluran pencernaan. Ketika pencernaan kuat, tubuh akan mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung. 

Awas Bahaya Perut Kembung, Atasi Segera dengan Cara Ini!
source: http://enfa.com
  • Memijat area perut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi salah satunya dengan memijat perut dengan lembut ke arah saluran pencernaan sehingga  mengatasi rasa kembung . Lakukan pijatan dengan perlahan tambahkan dengan minyak setelah itu tepuk perlahan punggung bayi.

  • Minum secangkir teh peppermint

Minum secangkir teh pepperment ternyata ampuh untuk meredakan gejala kembung dengan cepat. Peppermint sendiri  berfungsi untuk mengurangi dan mengendurkan otot-otot pencernaan. 

baca juga
Awas Bahaya Perut Kembung, Atasi Segera dengan Cara Ini!
source: http://everydayhealth.com
  • konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik

Bakteri baik dapat ditemukan dalam produk susu seperti yoghurt dan minuman probiotik, minuman yang mengandung bakteri baik sejenis Lactobacillus dapat mengurangi rasa kembung di perut. 

  • Mengunyah makanan hingga benar-benar hancur

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yaitu makan dengan perlahan serta mengunyah makanan hingga benar-benar hancur, selain itu konsumsi serat tinggi dan hindari makanan dan minuman yang dapat menghasilkan gas berlebih, seperti kubis, kacang-kacangan, serta minuman bersoda.

Awas Bahaya Perut Kembung, Atasi Segera dengan Cara Ini!
source: http://bugaraga.com
  • Berjalan kaki selama 15-20 menit

Lawan kembung dengan berjalan kaki setidaknya selama 15 hingga 20 menit setiap hari adalah salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus, tujuannya untuk menjaga makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan sehingga keringat yang dihasilkan dari aktivitas ini dapat mengurangi kelebihan cairan yang menjadi penyebab utama perut kembung. 

  • Hindari makanan atau minuman berpemanis buatan

Makanan manis adalah kesukaan anak-anak, tapi ternyata bisa menyebabkan perut kembung loh. Hal ini terjadi karena mereka mengalami kesulitan mencerna pemanis buatan makanan  akibatnya perut akan dipenuhi banyak gas yang menyebabkan kembung. Cara mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan menghindari makanan manis dan perbanyak karbohidrat.

Moms, itulah cara ampuh mengatasi perut kembung, intinya sih tetap jaga pola hidup dan makan sehat ya.