Tips Menumbuhkan Rambut Secara Alami


1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin, asam amino esensial, mineral dan asam lemak yang terdapat dalam lidah buaya tidak hanya membuat rambut berkilau namun juga membantu regenerasi sel yang rusak di kulit kepala. Tak heran jika hingga kini mengoleskan lidah buaya pada kepala bayi dipercaya sebagai cara menumbuhkan rambut bayi agar tumbuh lebat dan sehat.

Atasi Masalah Kebotakan dengan Tips Cara Menumbuhkan Rambut
source: https://www.kompasiana.com/

Cara menumbuhkan rambut dengan lidah buaya pun sangat mudah. Pertama, siapkan lidah buaya yang sudah dipotong, lalu ambil gelnya. Oleskan gel tersebut pada kulit kepala, lalu pijat-pijat dengan lembut selama beberapa menit.

Setelah dipijat, diamkan beberapa saat hingga setengah kering lalu bersihkan dengan sampo. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dua kali seminggu.

2. Minyak Zaitun

Selain lidah buaya, Moms juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu mengatasi kebotakan. Caranya, teteskan minyak zaitun setelah keramas, lalu pijat kepala dengan lembut khususnya di daerah yang mengalami rontok atau botak. Diamkan minyak zaitun hingga satu malam, lalu bilas dengan bersih keesokan harinya.

 

Atasi Masalah Kebotakan dengan Tips Cara Menumbuhkan Rambut
source: https://www.healthline.com/

3. Santan

Santan juga merupakan bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk menumbuhkan rambut. Siapkan 300-500 ml santan segar, lalu oleskan secara perlahan ke kulit kepala dan rambut lalu tutup rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Jika dilakukan dengan teratur, cara ini tidak hanya mampu menumbuhkan rambut namun juga dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

 

baca juga
Atasi Masalah Kebotakan dengan Tips Cara Menumbuhkan Rambut
source: https://www.bbcgoodfood.com/

Selain ketiga cara alami di atas, ada cara lain yang bisa Moms lakukan untuk menumbuhkan rambut yaitu dengan mengonsumsi suplemen keratin atau menggunakan salep topikal untuk kerontokan rambut yang parah. Namun pastikan penggunaan suplemen dan salep tersebut sudah melalui konsultasi dokter. 

Apapun cara yang Moms coba, perlu diingat bahwa sebenarnya tidak ada cara menumbuhkan rambut botak dalam sekejap. Selain melakukan perawatan, pastikan makanan yang Moms konsumsi adalah makanan sehat kaya protein, kurangi rokok dan hindari stres. So, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya Moms!