Bully bukanlah sesuatu yang baru. Mungkin semua anak di dunia pernah mengalami hal ini, baik di sekolah maupun di tempat les dan di sekitar lingkungan rumah. Termasuk putra atau putrimu, terutama jika ia menjadi murid baru di suatu sekolah. Untuk itu, kamu perlu membekali ia trik mencegah bully sebagai berikut:

source: http://www.thelist.com

 

1) Jangan Tunjukkan Ketakutanmu

Sebelum anakmu memasuki sekolah barunya, jangan lupa mengingatkan dia untuk tetap tenang dan tidak menunjukkan ketakutannya terhadap lingkungan atau suasana baru dan orang-orang baru yang akan ditemuinya nanti. Salah satu trik cerdik menghadapi si pengganggu adalah bersikap normal seperti biasanya, mengikuti kelas dengan tenang dan tidak mencari gara-gara.

source: https://www.today.com


 

baca juga

2) Hindari Menjadi Target Bully

Ingat bahwa si pelaku bully selalu menargetkan orang yang 'menonjol' menjadi korban bullynya. Karena itu, berusahalah membaur dengan teman-teman lainnya di sekolah dan jangan menjadi si penyendiri. Jika kamu selalu terlihat sendiri dan tak punya teman, maka si pelaku akan dengan mudah mengintimidasimu.

source: http://motheringoutsidethelines.com


 

3) Bully Itu Enggak Keren!

Minta anak untuk bersikap tegas kepada temannya yang suka membully orang lain. Bully itu sama sekali enggak keren dan malah akan membuat orang lain menderita. Mungkin hal ini cukup sulit, namun mau tak mau harus dilakukan, untuk mencegah bully terjadi secara terus menerus.

source: http://media.philly.com


 

baca juga

4) Tidak Memihak alias Netral

Cara mencegah bully pada anak selanjutnya adalah ajari anak untuk bersikap netral ataupun tidak memihak. Jalani saja kehidupan sekolah seperti biasanya, misalnya belajar, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, membaur dengan semua teman dan sebagainya. Dengan bersikap netral dan membaur maka kemungkinan kecil ia menjadi target bully oleh teman-temannya.

source: http://mamiverse.com


 

5) Belajar Teknik Self Defense

Siapapun bisa jadi target bully, karena itu, sebelum masuk sekolah sebaiknya bekali putra atau putrimu self defense yang baik. Misalnya, mengikutkannya les beladiri seperti karate atau tae kwon do. Biasanya di cabang beladiri ini, dilatih cara mempertahankan diri. Kalau misalnya ada yang akan membully anakmu, ia bisa menggunakan keahliannya itu untuk bertahan dan jauh dari bully.

source: https://www.newbedfordguide.com


Semoga membantu, Moms!