Sekilas, peribahasa memang terlihat sebagai sekadar rangkaian kata-kata. Tapi sebenarnya, ada banyak makna yang terkandung di dalamnya yang patut direnungkan. Bahkan Moms juga bisa belajar banyak dari peribahasa tersebut. Nah, yuk Moms kenali apa itu peribahasa dan mari belajar bijak dari beberapa peribahasa berikut ini.


Peribahasa adalah sekelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau mengungkapkan kelakuan, perbuatan atau hal mengenai diri seseorang. Ungkapan dalam peribahasa memang tidak langsung, tapi sebenarnya menyimpan makna yang dapat dipahami. Lewat peribahasa ini biasanya disampaikan pula berbagai nasihat yang bermanfaat untuk para pendengarnya. 

baca juga

Peribahasa Cinta


Peribahasa tentang cinta tidak hanya untuk para ABG yang sedang kasmaran saja. Para istri dan ibu juga dapat belajar banyak hal dari peribahasa soal cinta. Karena bagaimana juga, bukankah keluarga Moms juga dibangun berdasarkan cinta?

source: http://www.englishteachermelanie.com
Di belakang ia menendang kita, bila di depan ia mengeting kita, jika di tengah ia berpusing ligat pula
source: http://www.englishteachermelanie.com

Peribahasa di atas memiliki arti bahwa menghadapi seseorang yang disayang terkadang membuat Moms serba salah. Hal ini berlaku untuk suami maupun anak. Ketika mereka melakukan hal-hal yang membuat jengkel terkadang bisa membuat Moms serba salah. Ingin marah, tapi khawatir mereka ngambek, ingin memberikan semua yang dimau, tapi takut si kecil manja. Memang sulit, meski demikian, Moms juga perlu tegas ya!

Peribahasa Sindiran


Peribahasa selanjutnya ini diucapkan oleh Confucius. Dalam bahasa Indonesia, kurang lebih sama dengan berikut ini.

Orang bijak akan merasa malu jika kata katanya lebih baik daripada tindakannya.
source: https://www.kepogaul.com

Peribahasa tersebut dimaksudkan sebagai sindiran bahwa sesorang seharusnya tidak hanya bijak di mulut saja, tapi juga dalam perbuatan. Apalagi jika Moms sering menasihati orang lain. Berbicara memang sangat mudah, namun mempraktikkan apa yang dibicarakan bisa jadi sangat sulit, lho.

baca juga

Peribahasa Bahasa Inggris


Selanjutnya adalah peribahasa dalam bahasa Inggris yang sudah cukup sering diucapkan. Apakah Moms pernah dengar peribahasa berikut ini?

Don’t worry about those who talk behind your back, they’re behind you for a reason
source: https://www.lifehack.org

Dalam bahasa Indonesia, peribahasa tersebut berarti, 'jangan mengkhawatikan mereka yang membicarakanmu di belakangmu. Mereka di belakangmu karena suatu alasan. Maksud dari peribahasa ini adalah bahwa Moms tidak perlu memusingkan omongan atau gosip orang di belakang. Pasalnya hal ini berarti bahwa ia mungkin iri pada Moms dan tidak punya sesuatu yang bisa ia banggakan seperti Moms dan tertinggal di belakang. Makanya ia hanya bisa membicarakan Moms di belakang.

Nah, itulah tadi beberapa peribahasa yang bisa Moms pelajari dan resapi. Kira-kira, mana yang paling Moms sukai?