Moms, siapa sih yang enggak kenal pisang? Pisang bukan lagi buah asing bagi orang Indonesia. Di dalam budaya jawa, pisang sering menjadi buah wajib dalam segala ritual. Makanya tak heran jika kebutuhan akan pisang memang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga memiliki sejuta manfaat, tapi
 
Kenapa Harus Makan Pisang?

Buah berwarna kuning ini dikenal dalam dunia medis dengan segudang manfaatnya. Satu buah pisang nilai gizinya setara dengan 2 butir telur. Itulah alasan kenapa dianjurkan minum obat pakai pisang. Di Indonesia, harganya tergolong murah dan mudah didapat. Beda dengan di negara korea dan jepang di sana 2 biji pisang bisa dihargai dengan 25 ribu rupiah, mahal gila.
 

Macam-Macam Olahan Pisang Goreng

Macam-Macam Olahan Pisang Goreng

Pisang bukan hanya bisa di makan langsung tapi juga dapat dijadikan berbagai olahan, seperti jus, salad buah, es krim yang paling umum tentu pisang goreng. Pisang goreng adalah resep warisan leluhur yang kian eksis di era modern ini. Siapa yang enggak pernah makan pisang goreng? Sensasi manis dan gurihnya selalu menggoda selera.

 

baca juga

Variasi dan Kreasi Pisang Goreng

Variasi dan Kreasi Pisang Goreng


Di era modern, pisang goreng sudah memiliki varian yang beragam dari kreasi tangan-tangan para moms semua. Contohnya adalah pisang goreng madu yang memiliki warna coklat kehitaman. Seperti namanya, yang membuat pisang ini spesial adalah pemberian madu pada adonan tepungnya. Pisang Uli yang sudah kematangan (over ripe) dikupas lalu dicelupkan pada adonan lalu goreng. Rasakan sensai karamel dari pisang yang terlalu makan bikin nagih.

Di samping itu, olahan pisang goreng crispy juga masih jadi favorit. Rasa kriuk-kriuk adalah kesan pertama saat menyantapnya. Sensasi crispy  berasal dari irisan pisang kepok yang dipotong tipis seperti kipas kipas dicelupkan pada adonan tepung, lanjut dibalur dengan tepung panir terakhir digoreng pada minyak panas. Sehingga garing merata, nikmat kriuknya.

 

Variasi dan Kreasi Pisang Goreng

Pisang goreng keju adalah kesukaan anak-anak. Cara membuatnya juga mudah. beberapa adonan seperti tepung terigu, baking powder, gula, garam. Pisang yang sudah matang dikupas dan dipotong. Kemudian masukan pisang pada adonan tepung, goreng hingga kekuningan dan beri topping keju maupun tambahan cokelat agar anak-anak lebih berselera.

baca juga

Kreasi pisang goreng memang semakin banyak. Ada pula pisang goreng pasir yang diberi tepung beras pada adonan, lalu dilumuri dengan tepung panir. Pisang kemudian digoreng dan akan tersaji dengan tampilan berbalut pasir tepung. Kriuk dan garing, tapi lembut di dalam.

tak jauh beda dengan pisang goreng nugget, kreasi yang terbaru dari olahan pisang ini sesuai selera anak muda dan sering disajikan sebagai menu camilan di cafe-cafe. Pisang goreng nugget dengan cepat menembus pasar karena sangat mudah dibuat dan rasanya nikmat. 

Variasi dan Kreasi Pisang Goreng

Pisang yang sudah matang dikukus agar lembut. Lalu, kukusan pisang dicampur dengan susu cair, gula pasir, mentega cair dan tepung terigu. Adonan di masak hingga mendidih lalu diamkan, kemudian dikukus pada loyang yang sudah diolesi margarin selama 20 menit.

Kukusan yang sudah matang didinginkan, lanjut masuk ke lemari es selama 3 jam hingga padat. Potong adonan sesuai selera, celupkan pada tepung terigu, tepung panis, dan pisang yang telah diolah siap untuk digoreng. Goreng pada api panas hingga berwarna kecoklatan, tiriskan. Pisang goreng nugget siap di sajikan, tambahkan susu kental manis agarnya rasanya makin mantap.

Banyak kan variasi olahan pisang goreng. Pastinya semakin enak dan menggugah selera. Mau coba bikin pisang goreng yang mana nih moms?