Macam-Macam Diabetes


Diabetes atau yang sering disebut sebagai penyakit kencing manis adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli tua atau muda dengan latar belakang apapun. 

Penyakit diabetes sendiri terdiri dari beragam macam tipe yang disebabkan oleh beragam macam penyebab. Oleh sebab itu untuk mengetahui cara penanganan diabetes yang benar perlu dipahami dan didalami terlebih dahulu apa penyebab penyakit diabetes.

Jenis diabetes yang diketahui awam oleh masyarakat umum adalah:

  1. Diabetes Tipe 1 - Gejala diabetes tipe 1 ini pada umumnya sama dengan gejala diabetes melitus atau gejala diabetes tipe 2. Akan tetapi diabetes tipe 1 ini beda penyebabnya dengan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 pada umumnya menyerang penderita berusia dibawah 40 tahun. Penderita diabetes tipe 1 hanya kurang dari 10% dari seluruh penderita diabetes secara umum. Apabila kamu terkena diabetes tipe 1 yang disebabkan gagalnya fungsi pankreas yang diakibatkan oleh sistem imun yang menyerang sel-sel pada pankreas sehingga pankreas gagal dalam memproduksi insulin.
  2. Diabetes tipe 2 atau Diabetes Melitus. Gejala diabetes melitus yaitu nafsu makan meningkat, intensitas buang air kecil meningkat (biasanya pada malam hari), kesemutan atau mati rasa akibat syaraf yang rusak, penglihatan mulai turun dan luka yang sulit sembuh. Apabila moms mulai mengalami gejala-gejala seperti ini sebaiknya segera periksakan gula darah. Karena diabetes tipe 2 atau diabetes melitus ini diderita oleh 90% dari seluruh penderita diabetes. Biasanya diabetes tipe 2 diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat sehingga mengurangi produksi insulin pada tubuh. 
Selain kedua jenis diabetes diatas ini kadang kita juga menjumpai diabetes pada ibu hamil. Gejala diabetes kehamilan memang berbeda dengan diabetes pada umumnya. Diabetes pada ibu hamil disebut juga Diabetes Gestasional.

Berbeda dengan 2 tipe diabetes sebelumnya yang tidak bisa disembuhkan (hanya bisa dipantau saja), diabetes gestasional dapat sembuh karena diabetes gestasional disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi gula dalam darah. Sehingga pada umumnya kondisi gula darah akan kembali normal setelah melahirkan.

Walaupun demikian diabetes gestasional merupakan suatu kondisi yang harus diperhatikan dan dirawat dengan seksama karena berbahaya baik bagi ibu maupun janin. Diabetes gestasional yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan:
  • Makrosomia - bayi lahir dalam ukuran besar sehingga kemungkinan dilakukan operasi sesar lebih besar.
  • Hipoglikemia atau kadar gula dalam darah bayi saat lahir sangat rendah sehingga bisa mengakibatkan kejang pada bayi.
  • Kelahiran prematur
  • Masalah pernafasan sementara
  • Penyakit kuning pada bayi
Bagi moms yang sudah terdeteksi diabetes gestasional atau diabetes pada kehamilan jangan khawatir moms. Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi kesehatan agar terhindari dari hal-hal yang tidak diingikan.

Moms bisa mengatur pola diet menjadi lebih sehat dan mengurangi mengkonsumsi segala jenis gula. Selain itu perlu juga dilakukan olahraga dan pemeriksaan kehamilan yang teratur. Terakhir jangan lupa untuk melakukan tes gula darah secara rutin. 
Macam-Macam Diabetes
source: https://hellosehat.com


 

Gejala Diabetes yang Perlu Diketahui


Selain beragam macam tipe diabetes di atas, sering juga didengar di masyakarat tentang diabetes basah dan diabetes kering. Apakah gerangan kedua istilah ini? Kedua istilah ini sebenarnya tidak ada dalam dunia medis. Kondisi diabetes basah dan kering sebenarnya merujuk pada kondisi luka penderita diabetes.

Gejala diabetes kering dapat dilihat dari lukanya yang cenderung kering karena kadar gula dalam darah yang sangat rendah. Sehingga apabila terjadi luka maka luka tersebut akan cenderung kering. 

Gejala diabetes basah adalah kebalikan dari luka pada diabetes kering. Bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang sangat tinggi maka biasanya apabila terjadi luka, maka luka tersebut akan menjadi basah dan sulit kering. 

Perlu juga diketahui nih moms, ternyata gejala diabetes wanita itu berbeda dengan pria. Memang sebagian besar gejalanya sama akan tetapi gejala diabetes wanita memiliki beberapa faktor yang unik. 

Apa sajakah gejala unik yang dimiliki wanita yang menderita diabetes?

  • Infeksi jamur pada mulut dan vagina, juga terdapat ruam pada vagina
  • Infeksi saluran kencing
  • Disfungsi seksual
  • Sindrom ovarium polistik

Keempat gejala inilah merupakan gejala unik bagi wanita penderita diabetes. Sedangkan gejala lainnya kurang lebih sama antara pria dan wanita.

Gejala Diabetes yang Perlu Diketahui
source: https://www.healthlibrary.in/wp-content/uploads/2017/08/Untitled-design-25.jpg

Bagi moms yang merasa khawatir akibat gejala yang mungkin serupa dengan apa yang dialami, tenang dulu. Jangan terlalu berpikir jauh, sebaiknya segera hubungi dokter keluarga dan lakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Yang terpenting adalah untuk tidak melakukan diagnosa sendiri agar hasilnya tidak sembarangan.

Yang terpenting juga adalah untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup agar kita bisa hidup sehat bersama keluarga. Stay healthy and happy moms!