Di musim yang tidak menentu seperti ini, anak-anak dan keluarga rentan tertular penyakit. Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering mengganggu terutama di musim penghujan. Tapi jangan panik dulu, Moms! Yuk cari tahu berbagai macam penyakit batuk dan apa yang bisa Moms lakukan untuk membantu meredakannya.
 

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak


Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Pada batuk jenis ini, sistem pernapasan akan dipenuhi oleh cairan lendir yang berfungsi menjebak dan mengusir organisme penyebab batuk.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak
source: https://www.mnn.com

Untuk batuk jenis ini, pilih obat yang ekspektoran atau kombinasi obat. Ekspektoran bekerja dengan mengurangi lendir di tenggorokan sehingga Moms bisa lebih mudah batuk dan mengeluarkan dahak. Sedangkan kombinasi obat biasanya terdiri dari ekspektoran, supresan dan dekongestan. Dekongestan berfungsi meringankan pilek.

baca juga

Cara Menyembuhkan Batuk Kering


Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan lendir ataupun dahak. Batuk jenis ini bisa disebabkan oleh alergi, asma, debu, asap, dan beberapa penyebab lainnya. Obat supresan dan antitusif biasanya diresepkan untuk batuk jenis ini. Supresan akan menekan refleks batuk sehingga frekuensi batuk berkurang. Jika batuk disebabkan oleh alergi, maka biasanya antihistamin juga akan diresepkan.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering
source: https://palapanews.com



 

Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyebuhkan batuk dengan cepat. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Mengurangi sumber alergi. Bersihkan kamar tidur dari, cuci sprei dari debu dan mandilah sebelum tidur untuk mengurangi alergen dari luar rumah. 
  • Minum teh herbal dengan madu untuk melegakkan tenggorokan.
  • Berkumur dengan air garam untuk meredakan tenggorokan yang sakit.
  • Usahakan agar tetap terhidrasi untuk menjaga agar tenggorokan tidak mengalami iritasi. Hal ini juga akan mengurangi radang selaput lendir.
  • Istirahatlah yang cukup dan terlalu banyak berkegiatan. Istirahat akan membantu tubuh pulih dengan lebih cepat.
  • Minum obat dengan teratur untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh dan mempercepat penyembuhan.
Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat
source: http://jabar.tribunnews.com


 

baca juga

Cara Menyembuhkan Batuk pada Bayi

 
  • Ketika bayi mengalami batuk perbanyak asupan ASI untuk si kecil. Namun jangan langsung membaringkan bayi setelah menyusui.
  • Uap dapat membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat oleh lendir. Ajak si kecil berendam air hangat atau duduk di ruangan beruap selama 15 menit. Namun jangan terlalu panas karena justru bisa menimbulkan luka bakar.
  • Posisikan kepala anak lebih tinggi dengan menambahkan handuk atau bantal di bawah kasur jika si kecil gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak.
  • Bayi yang berusia di bawah 4 bulan biasanya tidak terkena batuk, jadi segera hubungi dokter jika bayi Moms mengalami gejala ini ya.
Cara Menyembuhkan Batuk pada Bayi
source: https://www.motherandbaby.co.id


 

Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami


Ada pula beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk secara alami. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Madu - Campuran dua sendok teh madu dengan teh atau air hangat dan lemon akan meredakan batuk. Pasalnya, madu mengandung dextromethorphan yang dapat menekan batuk.
  • Air Garam - Berkumur dengan air garam akan meredakan tenggorokan yang gatal. Campurkan 1/4 atau 1/2 sendok teh garam dengan 250 ml air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.
  • Air Putih Hangat - Air hangat akan membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari tenggorokan. Selain itu, air akan membantu selaput lendir tetap lembap sehingga mengurangi produksi lendir yang berlebihan.
  • Jahe - Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti radang yang akan melawan infeksi penyebab batuk.
  • Bawang Putih - Bawang putih mengandung allicin yang dapat membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. 
Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami
source: http://sayaajarkan.com

Meski batuk terlihat seperti penyakit umum dan biasa, namun pastikan untuk tetap berkonsultasi pada dokter. Apalagi jika batuk telah berlangsung cukup lama dan tidak segera sembuh atau disertai gejala lain seperti dahak yang berwarna hijau, keluar darah, hingga pucat. Yang terpenting, selalu jaga kesehatan ya, Moms!