Tumpeng Mini

 
Image Source: https://pinterest.com/TumpengMini

Tumpeng kecil nan imut ini biasanya disajikan dalam acara syukuran kecil-kecilan. Berbeda dari tumpeng yang biasanya, tumpeng ini memiliki ukuran nasi yang lebih kecil dengan lauk-pauk yang mendampinginya pun tidak terlalu banyak.

Biasanya satu porsi tumpeng mini ini hanya bisa di makan untuk satu atau dua orang saja. Bagi Moms yang ingin membuat acara syukuran atau perayaan kecil-kecilan bisa membuat tumpeng ini atau memesannya. Moms bisa mencari resepnya digoogle atau youtube. 

 

Tumpeng Hias

 
Image Source: https://bukalapak.com

Tumpeng hias memiliki bentuk yang lebih beragam dan menarik. Bentuk nasinya tidak monoton berbentuk gunung saja, tapi lebih dikreasikan dalam berbagai bentuk. Ada yang dibuat tingkat, dibuat menyerupai tokoh kartun, bahkan ada yang ditambah hiasan lain seperti boneka barbie dan lain-lain.

Lauknya pun dibuat lebih beragam dan anti mainstream. Nasi tumpeng ini biasanya bisa kita jumpai dalam acara perayaan tujuh belasan. Banyak ibu-ibu yang mengikuti lomba kreasi menghias tumpeng. Moms pernah mengikutinya juga? 

 
baca juga

Tumpeng Ulangtahun

 
Image Source: https://id.pinterest.com

Sesuai dengan namanya tumpeng ini disajikan pada saat perayaan ulangtahun. Sama seperti tumpeng pada umumnya, nasi tumpeng ini memeiliki bentuk nasi yang dibuat menyerupai gunung yang menjulang tinggi dengan berbagai macam lauk-pauk yang mengelilinginya.

Biasanya lauk akan disesuaikan dengan jenis nasinya, apakah nasi putih atau nasi kuning. Jika menggunakan nasi putih biasanya lauk-pauk yang akan disajikan seperti, urap, ikan asin, perkedel, ayam goreng, tahu tempe, dan masih banyak lagi. Nasi tumpeng ulangtahun ini juga bisa ditambah berbagai hiasan seperti kartu ucapan ulangtahun, nama yang ulangtahun, bahkan lilin. 
 


 

Tumpeng Nasi Kuning

 
Image Source: https://pinterest.com/Jakartanasitumpeng

Kenapa disebut dengan tumpeng nasi kuning? Karena tumpeng ini memang memiliki warna nasi yang berwarna kuning. Warna kuning ini biasanya berasal dari warna alami kunyit dipadukan dengan bahan lain seperti, daun salam, serai, dan santan.

Nasi ini memiliki berbagai macam lauk yang mendampingi seperti, kering tempe, ayam goreng, urap sayuran, kering kentang, perkedel, tahu tempe, sambal, dan masih banyak lagi. Tumpeng ini biasanya disajikan diacara syukuran atau selamatan. 
baca juga

Makna Tumpeng


Tahukah Moms kenapa nasi tumpeng dibuat kerucut menyerupai gunung yang menjulang tinggi? Ternyata makna dibalik nasi yang dibuat kerucut adalah melambangkan kemakmuran sejati sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita semakin naik dan tinggi layaknya seperti gunung yang menjulang tinggi. 

Di dalam nasi tumpeng biasanya terdapat 7 macam lauk pauk yang mendampingi dan masing-masing memiliki arti tersendiri. Ayam jago diartikan sebagai kesabaran dan ketenangan batin dalam mengendalikan diri. Ikan teri menyimbolkan kerukunan dan kebersamaan.

Urap sayur melambangkan harapan kehidupan. Dan cabe merah yang diletakkan diujung nasi tumpeng memiliki arti agar kita senantiasa memberikan contoh yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. 

Nasi tumpeng biasanya disajikan di dalam acara-acara perayaan, kenduri, atau selamatan. Pada saat pemotongan tumpeng biasanya dimulai dari puncuk tumpeng dan diberikan kepada orang yang dituakan atau dihormati untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut. Nasi tumpeng mengajarkan kepada kita rasa syukur kepada Tuhan dan untuk menjaga kebersamaan dan kerukunan. 

Nah, itulah makna nasi tumpeng yang biasa kita jumpai dalam berbagai perayaan. Sudah tahu kan sekarang? Semoga bermanfaat ya, Moms!