Sakit Kepala Saat Hamil Muda


Sakit kepala pada wanita hamil akan sering dialami dan memburuk pada saat minggu-minggu pertama usia kehamilan. Apalagi bagi Moms yang mengalami morning sick. Sakit kepala ini disebabkan oleh hormon yang mempengaruhi pelebaran dan penyempitan pembuluh darah di sekitar kepala.

Sakit kepala pada wanita hamil muda umum terjadi, sehingga tidak perlu khawatir maupun panik. Moms bisa mengurangi sakit kepala dengan mengompres handuk dingin disekitar kepala yang mengalami nyeri. Bila Moms ingin mengonsumsi obat pereda nyeri sakit kepala, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu. 

Image Source: https://pinterest.com

 

Sakit Kepala Saat Hamil Tua 9 Bulan


Sakit kepala pada trimester ketiga inilah yang perlu Moms waspadai. Pada umumnya sakit kepala pada trimester ketiga ini terjadi karena perkembangan janin dan semakin diperparah jika kondisi Moms sedang tidak fit atau kurang tidur.

Namun yang lebih berbahaya lagi adalah jika penyebab sakit kepala terjadi karena efek dari tekanan darah tinggi. Pada kasus ibu hamil tekanan darah tinggi merupakan kasus komplikasi kehamilan yang dapat berujung pada eklamsia. Eklamsia sendiri adalah kejang yang dapat mengancam ibu dan janin.

​​​​​Pada tahapan sebelum eklamsia atau disebut preeklamsia biasanya ditandai dengan keluarnya protein melalui urin yang dapat di deteksi dengan pemeriksaan bersama dokter. Wanita hamil yang mengalami preeklamsia harus segera mendapat penanganan dari dokter agar tidak mengalami eklamsia.

Jika sakit kepala yang Moms alami disertai dengan mual, muntah, nyeri pada ulu hati, kaki bengkak, serta kehilangan kesadaran dan kejang maka Moms harus segera dibawa ke rumah sakit agar mendapat penanganan yang insten dari dokter. 

 

Image Source: https://pinterest.com

 
baca juga

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil


Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi sakit kepala :

  • Kurangi aktivitas fisik yang berat. 
  • Istirahat yang cukup
  • Jika Moms mengalami sakit kepala segera baringkan badan di tempat gelap dan tidak terlalu berisik. 
  • Lakukan pijatan ringan dan lembut di sekitar kepala yang mengalami nyeri. 
  • Kompres bagian belakang leher dengan handuk dingin. 
  • Kompres mata, jidat, dan wajah dengan handuk yang sudah direndam air hangat. 
  • Perbanyak konsumsi air putih dan makanan bergizi. 
  • Lakukan yoga atau senam hamil untuk merilekskan tubuh. 
  • Tidur yang cukup. 
  • Segera periksakan ke dokter jika sakit tak kunjung sembuh agar mendapat penanganan yang baik. 

Nah, itulah Moms beberapa penjelasan tentang sakit kepala yang terjadi pada saat kehamilan. Semoga bermanfaat. Ingat ya Moms jangan anggap sepele suatu penyakit segera periksa ke dokter agar tidak menyesal nantinya.