Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung


Jenis buah-buahan keluarga berry, seperti strawberry, blueberry, cranberry, blackberry ternyata tidak hanya enak dimakan loh, Moms tetapi juga bagus untuk kesehatan jantung. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, buah keluarga berry juga mengandung fitonutrien yang dapat melindungi kerja jantung.

Ada madu yang dapat menyehatkan lambung. Madu dapat menaklukan bakteri H.pylori. Para peneliti dari Selandia Baru telah menguji madu yang berasal dari bunga Manuka pada bakteri penyebab asam lambung. Mereka menemukan bahwa madu dapat menekan perkembangbiakan bakteri.

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung
source: https://merdeka.com/


 

Makanan Sehat untuk Jantung Bengkak


Jantung yang tidak memompa darah secara efektif, dapat menyebabkan gagal jantung kongestif. Penyakit ini bisa menyebabkan jantung bengkak.

Sebaiknya adalah mengkonsumsi makanan yang rendah garam, dan juga mengurangi asupan cairan. Ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi, misalnya seperti kacag-kacangan, jamur, bawang bombay, tomat, kentang, kismis, dan lain-lain. Jauhi juga makan kaleng atau makan olahan karena makanan tersebut mengandung kadar garam yang tinggi. 

Makanan Sehat untuk Jantung Bengkak
source: https://uzone.id/


 

baca juga

Makanan Sehat untuk Jantung Bocor


Jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung yang menyebabkan adanya lubang pada sekat jantung. Kebanyakan yang menderita penyakit ini adalah anak-anak serta bayi, tapi dalam beberapa kasus orang dewasa terkena kelainan ini.

Ada beberapa makanan yang bisa memulihkan jantung bocor, misalnya seperti :

  • Sayuran hijau
         Zat besi dan berbagai mineral dalam sayuran hijau dapat memperkuat kondisi kesehatan             pasien dengan penyakit jantung yang bocor
  • Ikan

         Kandungan DHA pada ikan sangat baik untuk proses penyembuhan jantung bocor

Makanan Sehat untuk Jantung Bocor
source: https://idntimes.com/


 

Makanan Sehat untuk Jantung dan Paru-Paru


Taukah, Moms? Ternyata makanan sejenis berry, kacang-kacangan, sayuran hijau (brokoli, kol, kubis) tidak hanya baik untuk kesehatan jantung namun juga baik untuk kesehatan paru-paru. Karena makanan tersebut mengandung serat yang tinggi.

Penelitian pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of the American Thoracic Society bahwa peneliti bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung, serta  mengurangi penyakit paru obstruksi kronik. Para peneliti juga berspekulasi bahwa bakteri baik di usus yang mencerna serat, memproduksi semacam senyawa kuat yang dapat meredakan inflamasi.

Makanan Sehat untuk Jantung dan Paru-Paru
source: https://jogja.tribunnews.com/


 

baca juga

Makanan Sehat untuk Jantung Berdebar


Apakah Moms pernah mengalami jantung berdetak cepat dan tidak teratur? Ini disebut sebagai palpitasi (jantung berdebar) dan sebagian besar dapat terjadi karena gugup. Apabila itu sering terjadi, Mommy bisa mencoba makanan yang kaya akan magnesium untuk melindungi dari berbagai penyakit jantung, misalnya bayam, pisang, yogurt, dan dark chocolate. 

Makanan Sehat untuk Jantung Berdebar
source: https://belitung.tribunnews.com/

Jangan lupa Moms, perhatikan juga kebersihan rumah agar keluarga tetap sehat. Rumah yang jarang dibersihkan bisa mengancam keluarga sehat loh! Untuk tips sederhananya, Moms bisa klik di sini.

Tetap jaga kesehatan ya, Mommy disela-selakesibukan yang semakin memadat.