1. Perkembangan Payudara Bagi Anak Perempuan

Saat pubertas mulai terjadi pada anak perempuan, salah satu tanda pertama yang terlihat adalah perkembangan payudara. Buah dada mulai membentuk dan mungkin sangat menyakitkan selama beberapa bulan, sampai mereka sepenuhnya berkembang.

1. Perkembangan Payudara Bagi Anak Perempuan
source: http://gayahidup.dreamers.id


 

2. Tumbuh Rambut Halus

Saat anak perempuan dan laki-laki mengalami pubertas, akan terlihat perubahan fisik sekunder seperti mulai tumbuhnya rambut halus di ketiak, kaki dan daerah kemaluan. Bagi anak laki-laki mungkin akan tumbuh kumis dan jenggot.

2. Tumbuh Rambut Halus
source: https://www.galena.co.id


 

baca juga

3. Suara Anak Laki-laki Berubah dan Jakun Menonjol

Selama anak pubertas, suara anak laki-laki menjadi semakin dalam dan lebih kasar, proses ini disebut sebagai "pemutusan suara". Selain itu, jakun juga mulai terlihat menonjol keluar. Nah, jika anak laki-laki kamu mengalami ini, itu tandanya dia mulai pubertas, moms!

3. Suara Anak Laki-laki Berubah dan Jakun Menonjol
source: http://dianakusumaa.blogspot.co.id


 

4. Perubahan Mood

Saat fase pubertas, anak pubertas mengalami perubahan hormonal dalam tubuhnya sehingga mempengaruhi emosi anak. Remaja mengalami beberapa perubahan mood yang mungkin saja ekstrem. Mereka mungkin tiba-tiba cenderung menjadi agresif, depresi, pemalu atau sedih, tanpa alasan yang jelas. Selain itu, remaja saat pubertas mulai mengembangkan hasrat seksual dan pikiran, yang sekali lagi merupakan hasil perubahan hormon.

4. Perubahan Mood
source: http://bubustblog.blogspot.co.id