Apa Sih Soda Kue itu?


Natrium karbonat atau soda kue adalah senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok garam, berbentuk serbuk dengan butiran seperti kristal. Soda kue sudah sejak lama digunakan untuk pembuatan kue dan roti. Saat dicampur dengan bahan lain soda kue akan bereaksi sehingga menyebabkan kue atau roti mengembang.

Selain itu soda kue juga biasa digunakan untuk pengobatan maag dan asam urat.  Sifat basa di dalam soda kue dijadikan obat penetral asam lambung bagi penderita maag. Soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari seperti, membersihkan mesin cuci, memutihkan pakaian, dan membersihkan peralatan rumah tangga.

 
Image Source: https://id.pinterest.com

Manfaat Soda Kue untuk Gigi


Gigi putih adalah dambaan setiap orang. Siapa yang tidak ingin memiliki gigi yang putih dan bersih? Gigi putih bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang ketika tersenyum atau berbicara dengan orang lain. Ternyata memutihkan gigi bisa dengan menggunakan soda kue lho, Moms.

Selain untuk memutihkan pakaian, soda kue bisa dijadikan pasta gigi yang bermafaat untuk memutihkan gigi. Caranya mudah, cukup siapkan 1/4 sdt soda kue, larutkan dalam air secukupnya. Kemudian celupkan sikat gigi Moms kedalam larutan soda kue tersebut. Sikat seluruh gigi dengan perlahan selama 1-2 menit, tidak boleh lebih dari itu. Hindari menyikat bagian gusi.

Lakukan perawatan ini satu kali sehari selama satu minggu. Bila perlu sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter gigi agar lebih aman. 

baca juga

Manfaat Soda Kue untuk Wajah


Soda kue bisa dijadikan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Caranya mudah, dengan mencampurkan 3 sdt soda kue dan 1 sdt air. Aduk hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan ke wajah secara merata sambil dipijat dan digosok lembut. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Soda kue ini akan membantu mengangkat sel kulit mati di wajah sehingga wajah nampak bersih dan cerah. Bagi pemilik kulit sensitif tidak disarankan untuk memakai soda kue karena dapat menimbulkan iritasi. 

Apakah Soda Kue dan Baking Soda Itu Sama?


Baking soda adalah kata lain dari soda kue yang merupakan bahan pengembang untuk membuat kue atau roti. Didalam baking soda atau soda kue terdapat beberapa kandungan seperti, natrium bikarbonat, sodium asam, pirofosfat, dan pengelmusi.

Baking soda atau soda kue bersifat alkali yang baru akan bereaksi setelah bertemu sesuatu yang sifatnya asam. Selain untuk mengembangkan kue, soda kue atau baking soda juga bisa dijadikan untuk mencuci sayur dan buah serta menghilangkan bau tak sedap. Jadi soda kue dan baking soda kue itu sama saja ya, Moms. Jangan bingung lagi membedakannya. 

Image Source: https://id.pinterest.com
baca juga

Bahaya Soda Kue


Soda kue memang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan merawat kecantikan tapi jika penggunaannya asal bisa membahayakan lho, Moms. Soda kue mengandung zat natrium bikarbonat yang tidak pernah berakhir.

Zat ini dapat memberikan efek seperti pertut kembung, diare, dan mual. Bahkan bisa meningkatkan kadar natrium dalam darah. Jadi hati-hati saat menggunakan soda kue untuk pengobatan maupun kecantikan ya, Moms. Berikut ini bahaya menggunakan soda kue untuk kesehatan maupun kecantikan :

  • Dapat membuat gigi keropos 
  • Resiko terkena luka bakar 
  • Membuat kulit menjadi kering dan rusak 
  • Meningkatkan perkembangan biakan bakteri 
  • Menyebabkan pergelangan kaki bengkak 
  • Dapat memperburuk kondisi penyakit gagal jantung kongestif. 

Itulah beberapa manfaat dan bahaya menggunakan soda kue. Semoga artikel di atas bermanfaat ya, Moms!