Umumnya, pembuahan terjadi dua minggu setelah menstruasi terakhir dimulai. Setelah itu tanggal perkiraan lahir bayi akan dihitung 40 minggu setelah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Yuk simak proses kehamilan dari minggu ke minggu berikut ini. Selanjutnya, inilah tonggak tumbuh kembang yang terjadi pada minggu ketiga hingga trimester akhir kehamilan Anda.

Proses Kehamilan Setelah Berhubungan

Setelah sprema bertemu dengan sel telur sesaat setelah berhubungan intim, maka akan terjadi pembuahan. Dalam waktu 24 jam setelah pembuahan terjadi, telur yang sudah dibuahi akan membentuk zigot. Jumlah zigot akan terus bertambah karena terjadi pembelahan sel.

Pada hari ketujuh setelah pembuahan, zigot akan menempel di dinding rahim. Lapisan dinding rahim akan menebal dan leher rahim akan tertutup oleh lendir hingga waktu persalinan tiba. Dengan proses alami, akan terbentuk kantung ketuban dan plasenta yang akan menjadi sumber nutrisi untuk bayi selama di dalam kandungan.

source: http://womensunitedonline.com


 

Proses Kehamilan dari Awal

Sel yang memiliki peran penting dalam proses kehamilan ialah sel telur dan sperma. Untuk mencapai pembuahan, dua unsur penting yang harus ada adalah sel telur dan sperma. Sel telur akan dibuahi oleh sperma setelah maksimal 24 jam setelah dilepaskan.

Jika tidak dibuahi, sel telur akan luruh dan terjadilah menstruasi. Ketika sel telur dan sperma bertemu akan terjadi pembuahan. Setelah itu akan terbentuk zigot, embrio, dan menjadi janin. Janin akan berkembang dalam rahim selama kurang lebih 40 minggu. Setelah itu Moms dapat melihat secara langsung bayi yang akan lahir ke dunia.

source: https://pngtree.com


 

baca juga

Proses Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar akan terjadi jika indung telur menghasilkan dua telur yang matang, dan keduanya berhasil dibuahi oleh sperma. Proses selanjutnya hampir sama dengan kehamilan tidak kembar, tapi bedanya di dalam rahim terdapat dua plasenta dan dua janin akan berkembang di dalamnya. Kehamilan kembar tidak hanya dua janin saja, bahkan bisa sampai tiga dan seterusnya, tergantung pada berapa buah sel telur yang matang dan dibuahi oleh sperma.

source: https://firstcrycdn.com


 

Proses Kehamilan Sampai Melahirkan

Proses kehamilan dapat dibagi menjadi tiga bagian waktu, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga. Minggu ketiga sampai minggu ke 13 termasuk pada trimester pertama. Pada minggu ke 13 otak bayi sudah berkembang dengan pesat dan ginjalnya sudah mulai berfungsi. Alat kelamin pun sudah mulai terbentuk.

Selanjutnya minggu ke 14 sampai minggu ke 27 termasuk dalam trimester kedua. Bayi sudah dapat membuka dan menutup matanya pada minggu ke 27. Minggu ke 28 sampai 40 memasuki trimester ketiga. Pada trimester akhir ini bayi akan lebih banyak menambah berat badannya dan memaksimalkan fungsi-fungsi organ tubuhnya. Normalnya bayi akan lahir pada minggu ke 40.

source: https://momjunction.com


 

baca juga

Proses Kehamilan dari Minggu ke Minggu

  • Minggu pertama: Terbentuknya cikal bakal janin dari proses pembuahan
  • Minggu ke-2: Terbentuknya sel yang akan menjadi organ tubuh bayi
  • Minggu ke-3: Ukuran embrio masih sangat kecil, dan mulai terbentuk organ-organ
  • Minggu ke-4: Jantung sudah terbentuk dan memiliki aliran darah sendiri
  • Minggu ke-5: Sudah terbentuk struktur dasar otak dan sistem saraf
  • Minggu ke-6: Ukuran embrio sudah sebesar kacang polong
  • Minggu ke-7: Embrio sudah bisa menunjukkan refleksnya kepada ibunya.
  • Minggu ke-8: Embrio sudah menjadi janin karena anggota tubuh sudah terbentuk
  • Minggu ke-9: Janin sudah berukuran sebesar jeruk limo atau sekitar 5,5 cm
  • Minggu ke-10: Sel tulang pertama kali terbentuk, menggantikan tulang rawan yang sebelumnya sudah dibentuk
  • Minggu ke-11: Janin sudah bisa menelan dan mengeluarkan urin
  • Minggu ke-12: Tulang belakang berubah menjadi tulang keras, yang sebelumnya adalah tulang rawan
  • Minggu ke 13-17: Pada minggu ke-16, janin sudah bisa dilihat jenis kelaminnya
  • Minggu ke 18-22: Ibu sudah bisa merasakan tendangan, pukulan dan berbagai gerakan dari janin
  • Minggu 23-26: Pankreas dan paru-paru sudah semakin matang
  • Minggu 27-31: Semua organ dan sistem tubuh sudah semakin matang
  • Minggu 32-36: Gerakan janin akan semakin terasa++
  • Minggu 37-40: Ketika memasuki minggu ke 40, janin siap dilahirkan dan semua organ sudah terbentuk serta berfungsi dengan baik
source: http://momjunction.com

Demikian proses kehamilan dari minggu ke minggu. Semoga bermanfaat Moms!