Penyakit Lupus Adalah ...
 

Apa Sih Penyakit Lupus dan Bagaimana Pengobatannya?
source: https://www.geelongmedicalgroup.com.au/


Penyakit lupus merupakan sebuah penyakit autoimun di mana sistem imun tubuh seseorang bekerja tidak normal dan menyerang sel, jaringan, hingga organ tubuhnya. Dalam hal ini, sistem imun tersebut dapat menyerang seluruh bagian tubuh seperti misalnya kulit, sendi, sel darah, sumsum tulang belakang, hingga organ-organ penting seperti paru-paru, jantung, dan otak. Hingga saat ini, penyebab penyakit lupus masih belum diketahui. Namun, dari kasus yang tercatat, lupus paling banyak menyerang wanita karena adanya pengaruh faktor genetik dan lingkungan.
 


Penyakit Lupus Pada Anak
 

Apa Sih Penyakit Lupus dan Bagaimana Pengobatannya?
source: https://www.rheumatology.org/


Tidak hanya pada orang dewasa, lupus juga berisiko menyerang anak-anak. Bahkan, sebagian besar dari penderita lupus berada pada rentang usia 9-15 tahun. Berikut ini adalah beberapa gejala lupus yang biasa muncul pada anak-anak dan perlu Mommy waspadai :

  • Demam berkepanjangan
  • Wajah anak tampak selalu pucat
  • Mudah lelah dan lesu
  • Muncul ruam pada kulit
  • Bengkak pada kelopak mata
  • Rambut rontok parah
  • Sesak nafas
baca juga


Penyakit Lupus Apakah Menular
 

Apa Sih Penyakit Lupus dan Bagaimana Pengobatannya?
source: https://www.sinmordaza.com/


Perlu dipahami juga, penyakit lupus bukanlah sebuah infeksi yang bersifat menular. Lupus merupakan sebuah kondisi gangguan kesehatan akibat autoimun, dimana sistem iman tubuh tidak dapat membedakan sel-sel tubuh dan bakteri, kuman, dan virus. Hal inilah yang menimbulkan peradangan kronis akibat serangan pada organ dan jaringan tubuh sendiri.
 


Penyakit Lupus Obatnya ...
 

Apa Sih Penyakit Lupus dan Bagaimana Pengobatannya?
source: https://www.agoramedia.com/


Sayangnya, hingga saat ini, obat untuk lupus masih belum ditemukan. Dengan kata lain, orang yang memiliki penyakit lupus tidak dapat disembuhkan total. Akan tetapi, pasien tetap dapat menjalani pengobatan untuk mencegah gejala muncul, mengurangi keluhan, mengatasi kerusakan organ, menghilangkan pembengkakan, mengurangi nyeri, dan menghindari komplikasi serius.
 

baca juga


Apakah Penyakit Lupus Bisa Sembuh?
 

Apa Sih Penyakit Lupus dan Bagaimana Pengobatannya?
source: https://health.clevelandclinic.org/


Menyembuhkan penyakit lupus secara menyeluruh belum bisa dapat dilakukan. Namun, orang dengan lupus dapat hidup dengan meminimalisir risiko dan gangguan dari autoimun yang bekerja dalam tubuhnya. Selain menjalani pengobatan, orang dengan lupus juga perlu menjalani pola hidup sehat seperti melakukan olahraga rutin, berhenti merokok, istirahat cukup, hindari stres, dan memahami tubuh sendiri.