Usia 3-5 Bulan

Tiga sampai empat bulan bayi kamu bisa melakukan push-up mini, yang terdiri dari berbaring di perutnya dan mengangkat kepala dan dadanya dari tanah, menggunakan lengannya untuk mendapatkan dukungan. Ini membangun otot bagian atas tubuhnya, yang sangat penting untuk berjalan. Lima bulan bayi kamu telah mulai bangkit dan turun saat dia memegang posisi berdiri. Gerakan ini membantu membangun kekuatan kakinya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

source: https://ancestralmovement.com


 

baca juga

Usia 6-9 Bulan

Enam sampai sembilan bulan bayi kamu akan duduk sendiri, yang mengembangkan kekuatan leher, kontrol kepala, keseimbangan dan koordinasi. Ini adalah keterampilan penting untuk berjalan.  Sebagian besar bayi kemudian akan belajar menjelajah antara usia enam bulan dan 10 bulan. Beberapa melompati dan langsung menuju jalan kaki.

source: http://luckyluckku.blogspot.co.id


 

Usia 8 - 10 Bulan

Bayi kamu mungkin bisa mendukung dirinya dalam posisi berdiri sambil berpegangan pada sesuatu. Jika dia bisa melakukan ini, dia akan tetap duduk dengan benjolan. Sembilan sampai 10 bulan bayi kamu mungkin bisa menarik dirinya ke posisi berdiri dengan bantuan benda yang kokoh, seperti sofa atau meja kaki. Dia bisa melakukan tikungan lutut yang dalam, yang memungkinkannya duduk setelah berdiri. Begitu dia telah menaklukkan gerakan ini, dia akan belajar berlayar, mengambil langkah-langkah geser sambil berpegangan pada sesuatu untuk mendapat dukungan.

source: http://www.dekatdenganmu.com


 

baca juga

Usia 11 - 12 Bulan

Bayi kamu mungkin bisa berdiri tidak didukung selama beberapa detik, membungkuk dan berjongkok. Usia 12 bulan bayi kamu mungkin bisa mengambil langkah pertama yang didukungnya sambil berpegangan tangan.

source: http://museumbiografi.blogspot.co.id


 

Usia 14 - 18 Bulan

Pada usia 14 bulan anak sudah mulai berjalan sendiri, meski normal bagi balita untuk berjalan kapan saja antara sembilan bulan dan 17,5 bulan. Lengan terentang anak saat dia berjalan membantunya menjaga keseimbangannya. Usia 14 sampai 15 bulan sebagian besar balita bisa berjalan di usia ini. Anak kamu mungkin menikmati mainan push-and-pull, seperti truk mainan atau binatang di atas roda, dan dia bahkan mungkin bisa berjalan mundur.

source: http://balitapedia.com