Cara Merawat Rambut Rontok dengan Lidah Buaya


Sejak dulu kala, tanaman lidah buaya sudah terkenal khasiatnya sebagai penyubur rambut alami. Berbagai masalah rambut juga bisa diatasi dengan  menggunakan tanaman ini, termasuk masalah rambut rontok.

Cara mengaplikasikannya cukup gampang. Kupas daun lidah buaya untuk diambil gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke bagian kulit kepala sembari melakukan pijatan ringan di kepala. Diamkan selama beberapa jam, setelah itu bilas dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Tidak hanya bisa merawat rambut rontok, lidah buaya juga bisa membantu meransang pertumbuhan rambut, melembabkan, mengatasi ketombe, dan menghitamkan rambut.

Cara Merawat Rambut Rontok dengan Lidah Buaya
source: https://www.lifestyle.kompas.com


 

Jeruk Nipis


Salah satu penyebab rambut rontok adalah ketombe. Rasanya menyebalkan sekali ketika kulit kepala terasa gatal-gatal ditambah banyak rambut yang rontok. Nah, jeruk nipis bisa jadi cara jitu untuk merawat rambut rontok dan berketombe.

Caranya cukup mudah moms. Ambil beberapa buah jeruk nipis (disesuaikan dengan panjang rambut), lalu peras sarinya. Oleskan air perasan jeruk nipis tadi ke seluruh bagian rambut secara merata. Pijat ringan kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

Jeruk Nipis
source: https://www.merdeka.com


 

baca juga

Kemiri


Tidak cuma untuk bumbu dapur moms, kemiri juga bisa menjadi cara merawat rambut rontok parah yang efektif. Sebelum mengaplikasikannya, moms perlu menyangrai kemiri yang telah ditumbuk kasar. Setelah itu, tumbuk lagi sampai halus hingga mengeluarkan minyak.

Minyak kemiri inilah yang dapat moms oleskan ke rambut. Setelah rata dan meresap, jangan lupa keramas dengan shampoo sampai bersih.

Kemiri
source: https://www.merdeka.com


 

Minyak Zaitun


Minyak zaitun juga merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk merawat rambut. Kandungan antioksidannya dapat membantu menyehatkan kulit kepala sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut. Ini dia cara merawat rambut rontok dengan minyak zaitun, moms.

  1. Campurkan minyak zaitun dengan salah satu bahan lainnya sesuai dengan pilihan, seperti minyak zaitun dengan jahe, minyak zaitun dengan bawang putih, minyak zaitun dengan kayu manis, dan minyak zaitun dengan telur.
  2. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut selama 5 menit.
  3. Biarkan selama 30 menit hingga meresap ke dalam kulit kepala.
  4. Bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.
Minyak Zaitun
source: https://www.hellosehat.com


 

baca juga

Alpukat


Cara lainnya untuk merawat rambut rontok adalah dengan buah alpukat. Kandungan nutrisi pada buah hijau ini bermanfaat untuk menguatkan rambut sekaligus merangsang pertumbuhannya. Caranya cukup mudah moms. Haluskan buah alpukat, kemudian balurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama sekitar 20 menit. Lalu bilas dengan shampoo hingga bersih 

Alpukat
source: https://www.hellosehat.com

Itu dia beberapa tips cara merawat rambut rontok secara alami. Semoga bermanfaat ya moms.