Sama seperti kunyit kuning, kunyit hitam ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan menurut penelitian, tanaman yang memiliki nama ilmiah Cucurma Caesia ini mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu mencegah kanker dan bersifat anti peradangan. Yuk, moms ketahui lebih banyak tentang kunyit hitam dan manfaatnya untuk kesehatan

Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana sendi terasa nyeri sehingga membuat tulang menjadi kaku dan tidak fleksibel. Kandungan ibuprofen pada kunyit hitam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh osteoarthritis.
 
Ini Dia Kunyit Hitam, Tanaman Herbal yang Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan!
source: https://www.alodoktor.com


 

Kulit Gatal


Kandungan antiinflamasi pada kunyit hitam dapat membantu mengatasi kulit gatal. Selain itu, juga berkhasiat sebagai anti radang pada kulit yang gatal.

Kulit Gatal
source: https://www.hellosehat.com


 

baca juga

Kunyit Hitam Untuk Asam Lambung dan Maag


Kunyit hitam bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang menderita asam lambung. Begitupula dengan maag, mengonsumsi kunyit akan menekan asam lambung sehingga mencegah terjadinya maag.

Kunyit Hitam Untuk Asam Lambung dan Maag
source: https://www.hellosehat.com


 

Mengobati Asma


Ya, kunyit hitam juga bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengobati asma dan penyakit pernapasan lainnya. Moms hanya cukup menambahkan satu bubuk kunyit ke dalam susu hangat.

Mengobati Asma
source: https://www.hellosehat.com


 

baca juga

Mengatasi Kanker Usus Besar


Rutin mengomsumsi kunyit hitam juga dapat mencegah resiko timbulnya penyakit kanker usus besar. Menurut penelitian kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta mampu mematikan sel kanker. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa konsumsi 4 gram kunyit selama 30 hari bisa mengurangi jumlah lesi di usus besar hingga sebesar 40%.

Mengatasi Kanker Usus Besar
source: https://www.hellosehat.com


 

Mencegah Alzheimer


Kandungan kukurmin yang terdapat pada tanaman ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit pikun alias alzheimer. mengonsumsi kunyit hitam secara teratur dan tidak berlebihan setiap harinya, dapat membantu moms mendapatkan manfaat ini.

Mencegah Alzheimer
source: https://www.recorder.com


 

Cara Memperoleh Manfaat Kunyit Hitam


Intinya, sama seperti saudaranya kunyit kuning, kunyit hitam memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam segi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya, moms bisa meminum air rebusan kunyit atau menaburkan kunyit bubuk di makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Namun, perhatikan juga dosisnya, jangan sampai melebihi 500 mg setiap hari. Jika tidak, moms bisa saja mengalami efek samping seperti alergi atau gangguan kantong empedu.

Cara Memperoleh Manfaat Kunyit Hitam
source: https://www.liputan6.com


 

Harga Kunyit Hitam


Bagi moms yang tertarik untuk merasakan manfaatnya, kunyit hitam asli kini banyak dijual di toko online. Harga kunyit hitam bisa dibandrol mulai Rp 5.000.000, tergantung ukurannya. Moms juga bisa membudidayakan sendiri tanaman ini dengan membeli bibitnya. Bibit kunyit hitam ini dihargai mulai dari Rp 600.000- Rp 2.000.000. Mahalnya tanaman obat ini juga dikarenakan kelangkaannya.

Harga Kunyit Hitam
source: https://www.bukalapak.com

Itu dia moms beberapa informasi mengenai khasiat si kunyit hitam. Semoga bermanfaat ya.