Miom dan Kista
 

Jangan Panik Moms, Kenali Dulu Penyakit Miom dan Cara Penanganannya
source: https://www.dailymail.co.uk/


Secara umum, miom juga dikenal dengan sebutan mioma. Miom tumbuh dari sel otot rahim yang berkembang secara tidak normal. Pertumbuhan abnormal inilah yang pada akhirnya menjadi tumor jinak. Berbeda dengan miom, kista adalah sebuah kantung yang memiliki isi berupa cairan, udara, atau jaringan lain yang tidak normal. Biasanya kista akan menempel pada organ dimana kista itu tumbuh. Sama seperti miom, kista juga dapat dikategorikan sebagai tumor jinak dan bukan kanker. Meskipun sama-sama tidak membahayakan, jika dibiarkan tumbuh dan berkembang miom dan kista dapat membahayakan kesehatan.
 


Pengobatan Miom
 

Jangan Panik Moms, Kenali Dulu Penyakit Miom dan Cara Penanganannya
source: https://fibroids.com/


Sebagai salah satu jenis tumor jinak, miom pada rahim dapat diobati dengan beberapa cara diantaranya adalah :

  1. Mengonsumsi ibuprofen untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit yang muncul. Namun, asupan obat ini harus sesuai dengan resep dokter.
  2. Menjalani terapi hormon untuk mengendalikan pendarahan hebat dan mengatasi keluhan atau gejala anemia.
  3. Embolisasi fibroid, yaitu langkah pengobatan dengan metode mengecilkan miom mengunakan suntikan polivinil alkohol (PVA) melalui arteri. Obat ini bekerja dengan memblokir aliran darah ke miom untuk membuat ukurannya terhambat dan perlahan mengecil.
  4. Melaksanakan operasi miomektomi atau operasi pengangkatan miom. Langkah ini biasanya dilakukan jika pasien sedang menjalani program hamil. Namun, risiko miom tumbuh lagi tetap ada.
  5. Melaksanakan operasi histerekomi, yaitu merupakan prosedur bedah untuk mengangkat rahim seluruhnya agar dapat mencegah miom terbentuk lagi.
  6. Menjalani endometrial ablation, yaitu prosedur untuk menghancurkan lapisan rahim agar dapat meminimalisir atau mengurangi perdarahan akibat keberadaan miom.
baca juga


Pantangan Penyakit Miom
 

Jangan Panik Moms, Kenali Dulu Penyakit Miom dan Cara Penanganannya
source: https://www.medicalnewstoday.com/


Apabila Mommy memiliki miom pada rahim, pastikan untuk mengetahui pantangan yang harus dipahami untuk mencegah miom tumbuh subur. Beberapa diantaranya adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, antara lain:

  • Daging-dagingan merah
  • Makanan dengan kandungan lemak tinggi
  • Makanan atau minuman dengan kandungan pemanis buatan
  • Makanan berbahan dasar soya
  • Makanan cepat saji (fast food)


Makanan Pemicu Miom
 

Jangan Panik Moms, Kenali Dulu Penyakit Miom dan Cara Penanganannya
source: https://thetakeout.com/


Dengan kata lain, Mommy harus menghindari makanan-makanan yang berminyak dan beragam makanan kemasan yang diproduksi masal. Sebaiknya, mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat dan organik seperti sayuran dan buah-buahan.
 

baca juga


Miom Saat Hamil
 

Jangan Panik Moms, Kenali Dulu Penyakit Miom dan Cara Penanganannya
source: https://www.parents.com/


Lalu, bagaimana dengan wanita yang memiliki miom saat hamil? Jangan khawatirnya, Pada umumnya, miom saat hamil tidak memberikan dampak buruk berupa komplikasi yang serius pada janin. Dari semua kasus miom saat hamil, hanya ada 10-30% wanita yang mengalami komplikasi berupa keguguran atau pendarahan. Yang terpenting, selalu lakukan pemeriksaan, istirahat yang cukup, dan berikan asupan makanan yang sehat, bergizi, dan organik untuk menjaga kesehatan ibu, janin, dan kandungan secara keseluruhan.