Merawat Bayi Baru Lahir
 

Hati-Hati, Moms! Bayi Baru Lahir Punya Cara Perawatan Khusus Lho

Kadang masih suka takut ya Moms, gimana menggendong bayi, mengusap, atau melakukan hal lain terhadap si mungil  yang lagi lucu-lucunya. Bahkan ada rasa khawatir karena belum pernah merawat bayi. Masih untung kalau ada orang tua yang ikut membantu. Nah, buat Moms yang telah hidup mandiri dengan suami, berikut cara merawat bayi 0-6 bulan:

  • Persiapkan perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak kerepotan ketika anak telah lahir.
  • Setiap satu hingga dua jam sekali, bayi harus menyusu. Meskipun lagi tidur, Moms harus tetap membangunkan, sebab ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi ketika masih bayi. Berikan ASI hingga usia enam bulan agar imun tetap terjaga.
  • Bayi baru lahir harus tetap hangat karena belum bisa mengatur suhu tubunhnya sendiri. Makanya, bayi baru lahir biasanya dibedong dan memakai topi, penutup tangan hingga kaos kaki. Namun jangan terlalu ketat maupun terlalu longgar ya, Moms.
  • Jangan menepuk atau menggoyangkan bayi terlalu keras saat sedang menangis. Kulit dan tubuh bayi masih sangat lembut serta lemah sehingga harus diperlakukan dengan hati-hati.
  • Menjaga kebersihan bayi, baik tubuhnya maupun tempat berbaring, contohnya kasur yang nyaman, membersihkan pakaian bekas pipis ataupun BAB.
  • Nah, yang terpenting adalah merawat tali pusar agar tetap kering dan tidak infeksi ya Moms.

 

Merawat Bayi Premature
 

Hati-Hati, Moms! Bayi Baru Lahir Punya Cara Perawatan Khusus Lho

Beberapa orang mengalami kelahiran bayi yang tak sesuai jadwal. Misalnya, mereka yang lahir sebelum 37 minggu sehingga memerlukan perawatan khusus. Bayi premature memang memiliki resiko kesehatan lebih tinggi daripada kelahiran normal. Maka, Moms harus tahu bagaimana merawat bayi premature ketika sudah berada di rumah.
 
Curahkan kasih sayang lebih banyak lagi. Terus pantai kesehatan buah hati dan hubungi dokter jika terjadi perubahan-perubahan yang tidak wajar. Usahakan untuk member ASI eksklusif, sebab ASI merupakan sumber antibody bagi bayi agar terhindar dari infeksi.
 
Kekebalan tubuhnya juga lebih lemah, jadi cuci tangan dan jaga kebersihan saat hendak berinteraksi dengan bayi premature. Semua akan baik-baik saja selama Moms ikuti arahan dokter dan terus belajar merawat bayi premature dengan benar.

 

baca juga

Perawatan Bayi Kuning
 

Hati-Hati, Moms! Bayi Baru Lahir Punya Cara Perawatan Khusus Lho

Bayi yang terlahir premature juga beresiko tinggi menderita penyakit kuning. Moms pasti khawatir dengan kondisi bayi yang baru lahir dengan keadaan tersebut. Jangan terlalu cemas, dokter akan segera menagani masalah bayi kuning sesuai prosedur. Namun, Moms juga harus tahu perawatan bayi kuning yang benar agar bisa mempercepat kesembuhan si buah hati.
 
Pertama, berikan ASI yang cukup. Memberi sinar matahari pagi yang belum terlalu menyengat. Pastikan posisinya benar dan hanya butuh 30 menitan saja. Ebelumnya, lindungi mata bayi agar tidak terpapar cahaya matahari langsung. Jika fisik bayi terasa lemas, tidak aktif bergerak, tidak mau menyusu, dan berbagai ketidakbiasaan lainnya, segera bawa kepada petugas kesehatan atau rumah sakit.

 

Cara Merawat Bayi Perempuan
 

Hati-Hati, Moms! Bayi Baru Lahir Punya Cara Perawatan Khusus Lho

Pada dasarnya, merawat bayi sangat dibutuhkan ketelatenan dan kasih sayang. Namun bagi Moms yang memiliki bayi perempuan, ada cara merawat bayi perempuan yang harus dilakukan dengan lebih teliti.
 
Pertama adalah cara merawat alat kelamin. Gunakan air hangat dan jangan memakai sabun. Ketika membersihkan dengan air mengalir maupun handuk basah, jangan membuka bibir vagina. Cukup bersihkan area kulit disekitarnya. Usap dari depan ke arah belakang (anus), lalu keringkan setelah selesai.
 
Kedua, jangan memberikan bedak terlalu sering pada area kelamin karena mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Sementara cara perawatan lainnya hampir sama dengan bayi pada umumnya yang harus diperlakukan special dan penuh kehati-hatian. Moms harus selalu update informasi seputar merawat bayi yang baik dan benar, ya.