Penyebab kulit kering


Sebelum membahas cara mengatasi kulit kering, Moms perlu tahu dulu nih penyebab kulit kering. Sebagian memang karena keturunan dan tidak sedikit juga karena faktor lingkungan atau kesalahan pemakaian produk. Waduh, terkesan gawat ya. Berikut Mommyasia simpulkan beberapa penyebab kulit kering,
  • cuaca dingin dan kelembapan udara rendah atau terlalu sering berada di ruangan AC
  • mandi dengan air terlalu panas dapat menghilangkan kelembapan alami tubuh
  • pengunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan sehingga membuat kulit menjadi kesat
  • terlalu sering menggosok/scrubbing tubuh
  • produk perawatan wajah yang tidak cocok atau tidak sesuai
Penyebab kulit kering
source: http://dermstore.com


 

Cara mengatasi kulit kering


Setelah mengetahui penyebab kulit kering, sekarang dibahas bagaimana mengatasi kulit kering. Terkadang kulit kering bisa sampai berisisik atau mengelupas karena kurangnya hidrasi dalam tubuh. Kelembapan yang sangat kurang di tubuh dapat membuat kulit kering, kasar dan bahkan bersisik. Berikut cara mengatasi kulit kering secara alami,

1. Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi

Cara mengatasi kulit kering yang paling efektif adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam sehari. Manusia dewasa membutuhkan 2-3 liter air dalam sehari sesuai kebutuhan dan berat badan. Selain memenuhi kebutuhan air, Moms juga perlu mengonsumsi makanan bergizi berupa buah-buahan dan sayuran. Karena kulit kering juga merupakan tanda bahwa kulit dan tubuh kurang ternutrisi dengan baik. Perbanyak sayur, buah dan air putih membuat kulit menjadi lebih segar loh!
Cara mengatasi kulit kering
source: http://news.sanfordhealth.org


 

baca juga

2. Ganti sabun mandi dan perawatan tubuh lainnya

Kurangi penggunaan sabun mandi berbahan antiseptik karena membuat kulit terasa kering, kesat dan kehilangan kelembapan alami. Ganti perawatan sabun yang membuat iritasi, gatal dan tidak cocok di kulit. Cari sabun mandi yang mengandung susu, yogurt, aloe vera, madu dan almond. Kandungan tersebut memiliki khasiat untuk memberikan nutrisi dan kelembapan lebih pada tubuh dan wajah. Apabila Moms memiliki kulit yang sensitif, perhatikan ingridients yang tertera apakah aman digunakan untuk kulit sensitif

Cara mengatasi kulit kering
source: http://today.com


 

3. Gunakan lidah buaya

Terkadang kulit kering bisa terasa sangat gatal dan ketika tidak sengaja menggaruknya, kulit terkelupas dan malah membuat luka di kulit. Cara mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan memberikan lidah buaya pada bagian tubuh yang dirasa perlu perhatian lebih. Lidah buaya atau aloe vera, memiliki kandungan antiseptik, antifungal dan sensasi sejuk yang dapat mengatasi kulit  kering, gatal dan iritasi. Cukup oleskan gel lidah buaya ke kulit dan tunggu hingga meresap. Lakukan dengan rutin agar kulit tetap lembab.

Cara mengatasi kulit kering
source: http://hindustantimes.com


 

baca juga

4. Pakai petroleum jelly untuk tangan

Kulit kering pada tangan bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Selain terasa kasar, kulit kering pada tangan juga tak enak dilihat. Selain lidah buaya yang berkhasiat untuk melembapkan kulit kering. Petroleum Jelly juga dikenal mampu mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering pada tangan cukup mudah, oleskan petroleum jelly pada tangan dan telapak tangan sesudah mandi dan tunggu hingga meresap. Petroleum jelly dapat mengunci kelembapan di kulit karena berperan sebagai humektan. Meski teksturnya kental dan lengket, petroleum jelly dapat menyerap cepat ke dalam kulit

Cara mengatasi kulit kering
source: http://id.priceprice.com


 

5. Gunakan pelembab alami

Cara mengatasi kulit kering di wajah adalah dengan rutin mengaplikasikan pelembab. Pilih pelembab yang memiliki kandungan hydrating yang tinggi dan dapat mengunci kelembapan seharian. Kandungan hydrating yang tinggi bisa didapat dari Hyaluronic Acid, gliserin, Ceramide, Shea Butter dan vitamin E.

Apabila kurang sesuai dengan produk-produk yang di pasaran, Moms bisa mencoba pelembab alami atau organik. Pelembab alami seperti argan oil, rosehip oil, olive oil (untuk wajah) dan rose oil. Berbahan dasar oil atau minyak, diketahui dapat membuat wajah terasa lebih lembab dan tahan seharian. Face oil ini bisa didapatkan di online shop dengan berbagai macam merek dari lokal hingga luar negeri.
Cara mengatasi kulit kering
source: http://stylecaster.com


 

6. Jangan lupakan tabir surya saat keluar rumah

Banyak yang meremehkan penggunaan tabir surya, padahal ini merupakan salah satu skincare penting untuk wanita yang hidup di daerah tropis. Sinar UV A dan UV B dapat membuat kulit menjadi kering, rusak dan muncul noda hitam (sun spot). Oleh karena itu, diwajibkan untuk selalu mengaplikasikan tabir surya saat keluar rumah. Pilih SPF minimal 30 PA+++ untuk menjaga wajah dari paparan matahari. Usahakan untuk mengurangi aktivitas di terik matahari, apabila terpaksa lindungi wajah dan tubuh agar kulit tidak kering dan rusak

Cara mengatasi kulit kering
source: http://allure.com


 

7. Lulur dan masker seminggu sekali

Tips diatas dapat mengatasi kulit kering namun apabila masih dirasa kurang, Moms bisa secara rutin luluran dan maskeran seminggu sekali atau dua kali seminggu. Cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi lebih pada kulit.

Ramuan yang dianggap paling ampuh mengatasi kulit kering bersisik dan gatal adalah yogurt dan telur. Kandungan keduanya dapat melembabkan kulit dan meradakan rasa gatal. Caranya cukup mudah, ambil beberapa sendok yogurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini ke kulit dan pijat perlahan. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Sedangkan untuk wajah, Moms bisa maskeran dengan bahan alami, seperti campuran alpukat, putih telur dan madu. Ketiga bahan tersebut sangat bagus untuk melembapkan kulit wajah. Cukup haluskan alpukat 1 buah lalu campur dengan putih telur (1 telur) dan tambahkan 1-2 sdm madu. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Tunggu 10 menit atau hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Selain lulur dan masker alami yang bisa dibuat di rumah, Moms bisa membeli produk lulur dan masker di supermarket atau online shop. Karena sekarang banyak produk yang cocok dengan kulit kering. Jangan lupa untuk mencari yang berlabelkan untuk kulit kering (dry skin) atau kandungan yang melembabkan, (hydrating, moisturizing).

Cara mengatasi kulit kering
source: http://stylecraze.com
Itu dia 7 tips mengatasi kulit kering baik pada tubuh dan wajah. Cukup mudah kan Moms? Bisa dilakukan di rumah dan diterapkan secara rutin untuk hasil maksimal. Jangan menyerah pada kulit kering ya, sangat bisa diatasi kok Moms! Semangat!