Ada banyak jenis beras yang memiliki kandungan, bentuk, aroma, warna yang berbeda. Dilansir dari Halo Sehat, berikut ini ragam jenis beras dan kandungannya yang wajib Moms ketahui!

Beras Putih



Beras yang berwarna putih sebenarnya memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya. Lapisan kulit pada beras putih disebut kulit gabah. 

Pada proses penggilingan, kulit gabah akan terlepas dan menjadikan beras yang berwarna putih terlihat. Kandungan beras putih hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras yang ada di Indonesia. 

Beras Merah



Warna merah pada beras ini berasal dari lapisan luar yang mengandung antosianin sehingga warnanya menjadi merah.

Beras merah memiliki tekstur yang lebih keras dan kasar. Kandungan beras merah adalah zat besi dan vitamin B6 yang berguna menjaga keseimbangan produksi sel darah merah dan hormon serotonin yaitu hormon yang mengatur nafsu makan. 

Beras memiliki banyak jenis dan macamnya, tergantung dengan bentuk, aroma, dan warna dari masing-masing jenis, yang membuat setiap jenis beras memiliki cara memasaknya masing-masing
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/jenis-beras-paling-sehat/

Beras Hitam



Beras hitam adalah beras yang cukup langka di pasaran sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan beras hitam memiliki gizi yang tinggi dibandingkan jenis beras lainnya. 

Beras hitam memiliki tekstur yang keras dan pera sehingga dalam proses memasak diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya menjadi lembut saat dimakan. 

Kandungan beras hitam adalah vitamin E yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, bisa menangkal radikal bebas bahkan memperbaiki kerusakan pada hati. Dalam 100 gram beras hitam mengandung 20,1 gram serat, 7 gram protein, dan 1,8 gram zat besi lho Moms. Worth it to buy!

Beras Ketan



Selain beras merah, hitam dan putih ada juga beras ketan dan beras jagung. Kandungan beras ketan menurut informasi nutrisi dari online DietFacts.com, 1 cangkir atau sekitar 200 gram beras ketan berisi berisi 169 kalori atau sekitar 8% dari asupan kalori harian yang direkomendasikan.

Beras ketan memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya bisa mengurangi risiko sakit jantung. Kandungan serat dalam secangkir beras ketan yang dimasak adalah +/- 1,7 gr. Serat dalam ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu memberikan kontribusi untuk diet tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Beras Jagung



Beras jagung merupakan salah satu sumber karbohidra pengganti beras putih yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kandungan beras jagung juga sangat bermanfaat untuk kesehatan Moms. Kandungan yang ada di dalam beras jagung bahkan diklaim lebih besar dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam beras putih.

Selain itu, beras jagung juga bisa mengatasi gangguan pencernaan pada tubuh karena asupan serat bisa tercukupi. 

Semoga informasi di atas bisa membantu Moms memilih beras sesuai kebutuhan ya.