Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual


Apakah moms sudah paham cara menghitung usia kehamilan begitu positif hamil? Apakah dihitung dari sejak tanggal pembuahan atau dihitung dari tanggal tes atau gimana sih tepatnya? Tenang moms, sebagai ibu baru, di kehamilan pertama pasti masih awam. Oleh karena itu berikut ini sedikit pemahaman sederhana tentang bagaimana cara menghitung usia kehamilan. 

Ada beberapa cara moms, cara pertama adalah cara menghitung usia kehamilan secara manual. Pada dasarnya cara menghitung usia kehamilan secara manual adalah dengan menghitung hari pertama haid terakhir moms atau biasanya disebut HPHT. Menghitung usia kehamilan berdasarkan hpht ini memang kadang bikin banyak praduga moms.

Contoh kasusnya adalah nikah baru 4 minggu tapi usia kehamilan sudah dihitung 5 minggu, kenapa? Karena ternyata HPHT nya 1 minggu sebelum menikah. Biasanya memang banyak yang seperti ini moms. Jadi jangan khawatir dulu. 

Cara lainnya untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menghitung usia kehamilan dengan tfu. TFU memang tidak banyak didengar dibandingkan dengan HPHT ya moms. TFU adalah kepanjangan dari tinggi fundus uteri. Cara menghitung usia kehamilan dengan tfu adalah dengan menghitung tinggi fundus uteri yang biasanya dilakukan oleh bidan ataupun dokter spesialis kandungan. 

Salah satu teknik mengukur TFU adalah dengan teknik McDonald. Cara mengukur usia kehamilan mengunakan rumus McDonald:

  1. Usia kehamilan dalam minggu = Tinggi fundus uteri (cm) x 8/7
  2. Usia kehamilan dalam bulan = Tinggi fundus uteri (cm) x 2/7
Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual
source: http://tipsibuhamil.id

Usia Kehamilan dalam Minggu atau Bulan

Selain kedua cara diatas ada cara lain yang lebih sederhana yaitu dengan aplikasi. Di jaman sekarang ada banyak sekali aplikasi. Aplikasi penghitung usia kehamilan biasanya lengkap dengan segala informasi yang dibutuhkan terutama ibu muda yang menjalani kehamilan pertamanya. Aplikasi penghitung usia kehamilan ini sangatlah penting dan membantu, aplikasi tersebut antara lain: 

  1. Babycenter Pregnancy Tracker & Baby App 
  2. Kalender Kehamilan
  3. Pregnancy +
  4. Masa Subur dan Kehamilan Sehat
4 aplikasi di atas adalah sedikit dari beberapa aplikasi yang tersedia baik di android maupun iStore. 

Setelah mengetahui cara menghitung usia kehamilan langkah selanjutnya adalah memahami arti dari angka-angka tersebut. Sejak kecil kita tahu bahwa kehamilan pada manusia terjadi selama 9 bulan, tapi pada kenyataannya kehamilan baru memasuki masa aman untuk melahirkan adalah di usia 38-40 minggu yang artinya 9 bulan lebih. 

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan sebenarnya sama saja. Di awal kehamilan memang lebih sering mengungkapkan dalam minggu. Sedangkan ketika kehamilan semakin besar agar lebih praktis kita hanya menyebutkan bulannya. Tapi dalam dunia medis usia kehamilan akan lebih mendetail mengunakan minggu. Karena kesiapan janin akan lebih terdeteksi dengan baik saat dokter menghitungnya dalam minggu. 

Setiap minggu janin berkembang dengan pesat, oleh sebab itu mencatat perkembangan kehamilan dan janin dalam minggu dalam catatan medis lebih banyak digunakan. 

Gimana moms sudah lebih jelas? Usia kehamilan pun dibagi menjadi 3 bagian yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga. 

Trimester pertama terjadi pada usia 1 - 13 minggu (1 - 3 bulan)
Trimester kedua terjadi pada usia 14 - 26 minggu (4 - 6 bulan)
Trimester ketiga terjadi pada usia 27 - 40 minggu (7 - 9 bulan)

Mengacu pada trimester ini apabila moms merencanakan melakukan perjalanan jauh atau baby moon ada baiknya dilakukan pada trimester kedua, karena pada trimester kedua kehamilan ibu dan jamin berada dikondisi yang sudah nyaman dan lebih kuat.

Di trimester pertama biasanya dialami perubahan hormon yang drastis sehingga sering merasakan mual dan lainnya. Sedangkan di trimester ketiga biasanya ibu hamil akan merasa tidak nyaman karena perut yang semakin besar. Tapi perlu dicatat moms, setiap kehamilan itu berbeda ya jadi lebih baik kalau di konsultasikan langsung dengan dokter kandungan masing-masing ya. 
 
Usia Kehamilan dalam Minggu atau Bulan
source: https://blogspot.com

Udah ga bingung lagi kan moms sekarang. Yang pasti selama kehamilan itu semua harus dinikmati ya moms. Karena semua momen itu sangatlah berharga. Happy pregnancy!