Siklus Haid Normal


Umumnya siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 28 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari. Namun ada juga wanita yang mengalami siklus haid setiap 25 sampai 35 hari, hal ini masih tergolong normal. Menstruasi yang normal berlangsung sekitar tiga hingga tujuh hari moms.

Wanita yang memiliki siklus menstruasi normal akan mengalami menstruasi sebulan sekali, dengan total 11-13 kali menstruasi dalam satu tahunnya. Siklus haid yang normal akan terus berulang seperti itu sampai memasuki usia menopause yaitu ketika tubuh sudah tidak dapat memproduksi sel telur lagi. 

Siklus Haid Normal
source: https://id.pinterest.com


 

Siklus Haid Pendek


Rupanya beberapa orang ada yang mengalami siklus menstruasi pendek lho! Siklus menstruasi pendek dapat berulang setiap 35 hari dan terjadi setiap 18 hari. Siklus menstruasi dapat dikatakan pendek misalkan ketika moms biasanya mengalami mentruasi setiap 25 hari tiba-tiba siklus menstruasi berubah menjadi 18 hari dihitung dari terakhir kali menstruasi. 

Siklus menstruasi pendek dapat terjadi karena beberapa faktor seperti ketidakseimbangan kadar hormon, bawaan genetis, stres, gaya hidup, dan pola makan. Namun jika siklus menstruasi selalu pendek hal ini juga sebagai tanda adanya gangguan kesehatan seperti gangguan kelenjar tiroid lho!

Maka dari itu jika tidak ada riwayat genetik dari keluarga yang mengalami siklus menstruasi pendek alangkah lebih baik jika moms memeriksakan ke dokter ya. Adapun siklus menstruasi pendek juga terjadi seiring bertambahnya usia ketika akan memasuki fase menopause lho!

Siklus Haid Pendek
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Siklus Haid Panjang


Siklus menstruasi panjang memiliki jangka siklus lebih dari 35 hari. Siklus menstruasi panjang biasanya disebut dengan istilah Oligomenorea dalam dunia medis. Oligomenorea memiliki volume pendarahan yang lebih sedikit dari pada volume haid normal.

Wanita yang mengalami Oligomenorea akan mengalami menstruasi yang jarang dari biasanya. Moms perlu tahu apabila siklus menstruasi jangka panjang lebih dari 3 bulan maka kondisi ini disebut amenorea sekunder, jadi ada baiknya jika periksakan ke dokter ya. Namun ada juga siklus menstrusi jangka panjang yang dipicu oleh gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium.

Biasanya siklus menstruasi jangka panjang ini terjadi ketika 3-5 tahun siklus menstruasi pertama kali terjadi dan beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Hal ini cukup normal ya moms dalam masa awal terjadinya menstruasi dengan menjelang menopuase.

Siklus Haid Panjang
source: https://id.pinterest.com


 

Siklus Haid Tidak Teratur


Siklus menstruasi dikatakan tidak teratur apabila lebih pendek dari pada 21 hari atau lebih panjang dari pada 36 hari. Siklus yang tidak teratur biasanya memiliki jarak siklus yang bervariasi tiap bulannya.

Misalnya moms pada bulan bulan ini mengalami siklus menstruasi setelah 20 hari, lalu bulan depannya moms mengalami siklus menstruasi setelah 35 hari, hal ini dapat diartikan moms tengah mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur lho!

Sebenarnya penyebab menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh stress, pola hidup yang tidak sehat, berat badan (obesitas), dan hormon. Namun perlu diketahui rupanya siklus menstruasi yang tidak teratur memiliki sedikit kesempatan untuk hamil, maka dari itu sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan mengubah pola hidup.

Siklus Haid Tidak Teratur
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Siklus Haid Setelah Melahirkan


Nah, siklus menstruasi setelah melahirkan berbeda-beda tiap Mommy ya! Apabila moms menyusui secara ekskusif, siklus menstruasi dapat datang setelah 6 bulan melahirkan lho! Hal ini disebabkan tubuh moms memproduksi banyak hormon prolaktin untuk mencukupi kebutuhan ASI.

Namun berbeda dengan moms yang tidak menyusui, menstruasi akan datang sekitar 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan atau setara dengan 45 hari. Moms perlu tahu apabila moms melahirkan secara normal saat mengalami mentruasi setelah melahirkan sangat disarankan untuk tidak memakai pembalut selama haid karena vagina masih dalam proses penyembuhan, sehingga penggunaan pembalut berpotensi menghambat penyembuhan.

Siklus Haid Setelah Melahirkan
source: https://id.pinterest.com

Siklus menstruasi memang berbeda tiap wanita karena memiliki tingkat hormon yang berbeda antara satu wanita dengan lainnya. Nah, dari beberapa siklus menstruasi di atas yang mana siklus mommy? Semoga bermanfaat moms!