Tentunya hal ini sangat berbahaya karena sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna akan tetap mengendap di dalam tubuh. Gagal ginjal stadium 5 sudah dianggap mencapai tahap kritis dalam masalah ini. Namun jangan panik moms. Semua penyakit pasti ada solusinya. Simak informasinya di bawah ini.

Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Lebih baik baik mencegah daripada mengobati. Oleh karenanya ketahui terlebih dahulu beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan gagal ginjal. 

  • Daging

Menurut penelitian, diet yang mengonsumsi protein hewani bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan metabolisme protein bisa membebankan ginjal untuk membuang racun dalam tubuh. Untuk meminimalisir resikonya, moms bisa mengonsumsi sayuran saat atau setelah mengonsumsi daging.

  • Garam

Terlalu banyak mengonsumsi natrium bisa berdampak pada kerusakan ginjal. Hal ini dikarenakan ginjal harus menahan air dalam aliran darah yang berguna untuk jantung. Moms bisa menggunakan garam alternatif yang lebih sehat seperti garam Himalaya.

  • Kafein

Menurut penelitian, mengonsumsi kafein dalam jangka panjang bisa memperburuk risiko gagal ginjal. Mengonsumsi kafein juga memiliki kaitan dengan pembentukan batu ginjal karena meningkatnya ekskresi kalsium dalam urin.

  • Pemanis buatan
Pemanis buatan juga cukup berbahaya bagi kesehatan ginjal. Dalam ulasan Nurses Study, peneliti melihat pemanis buatan dapat menurunkan fungsi ginjal hanya dengan konsumsi 2 botol minuman manis per hari.
  • Minuman Bersoda
Begitu juga dengan minuman bersoda atau berkarbonasi, minuman jenis ini cukup berbahaya bagi ginjal. Lebih baik, moms beralih pada minuman sehat seperti air putih dan jus.
Gagal Ginjal Akut Bisa Disembuhkan! Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya Moms
source: https://www.tipssehatonline.web.id


 

Pengobatan Gagal Ginjal


Gagal ginjal stadium 5 bisa sembuh kok moms. Tetap berusaha dan berdoa adalah kunci utamanya. Beberapa usaha yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengubah pola hidup yang sehat, seperti:

  • Menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang dengan mengurangi konsumsi garam dan batasi asupan protein dan kalium untuk meringankan kerja ginjal. Makanan dengan kadar kalium tinggi di antaranya adalah pisang, jeruk, kentang, bayam, dan tomat. Sedangkan makanan dengan kadar kalium rendah, antara lain adalah apel, kol, wortel, buncis, anggur, dan stroberi. Hindari juga minuman beralkohol dan soda.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menurunkan berat badan jika berat badan berlebih.
  • Tidak mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dapat mengganggu kinerja ginjal.
  • Berkonsultasi dan cek kondisi kesehatan dengan dokter secara teratur.

Adapun penanganan lainnya yang dapat dilakukan untuk mengganti tugas ginjal dalam tubuh yaitu dengan terapi pengganti ginjal. Ini terdiri dari:

  • Dialisis atau penyaringan limbah serta cairan dalam tubuh dengan mesin atau memanfaatkan rongga perut. Dialisis yang dilakukan dengan mesin disebut hemodialisis atau juga dikenal dengan cuci darah. Sedangkan dialisis yang dilakukan dalam rongga perut dengan menggunakan cairan dialisis untuk menyerap cairan atau limbah yang berlebih disebut continuous ambulatory peritoneal dialysis atau CAPD.
  • Tranplantasi ginjal. Untuk prosedur transplantasi ginjal, ginjal penderita diganti dengan ginjal sehat yang didapat dari donor. Penderita gagal ginjal akut bisa lepas dari cuci darah seumur hidup pasca transplantasi. 
Pengobatan Gagal Ginjal
source: https://www.hellosehat.com


 

baca juga

Daun Sukun sebagai Obat Alami Untuk Gagal Ginjal Akut


Selain cuci darah, ada alternatif lain untuk mengobati gagal ginjal, yaitu daun sukun. Kandungan asam hidrosianat, tannin, dan flavoidnya sangat membantu mengobati masalah gagal ginjal akut tanpa menimbulkan efek samping. Cara meramunya cukup mudah moms. Ini dia caranya:

  1. Sediakan beberapa lembar daun sukun, cuci hingga bersih.
  2. Rebus daun sukun dengan takaran air secukupnya, biarkan hingga mendidih dan usahakan daun sukun hancur dalam air rebusan.
  3. Diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sukun tersebut, kemudian saring.
  4. Konsumsiair rebusan daun sukun tersebut sebanyak dua kali dalam sehari sesudah makan.
Daun Sukun sebagai Obat Alami Untuk Gagal Ginjal Akut
source: https://www.palembang.tribunnews.com

Itu dia beberapa informasi mengenai penyebab dan pengobatan masalah gagal ginjal akut. Selalu jaga kesehatan ya moms.