Berat Badan Bayi Normal dalam Kandungan
 

Yuk Cari Tahu Berapa Sih Berat Badan Bayi Normal, Moms!

Kenaikan berat badan secara bertahap harusnya sudah dimulai sejak bayi dalam kandungan. Itulah tanda bahwa perkembangannya baik. Janin pada usia 8 minggu rata-rata sudah berbobot 1 gram dan pada trimester ketiga (minggu ke 28-42) seharusnya sudah mencapai satu kilo gram.
 
Namun, beberapa dari janin biasanya memiliki berat badan yang kurang karena konsumsi makanan yang tidak terpenuhi pada ibu hamil. Lalu apa saja yang bisa Moms lakukan untuk menambah berat badan bayi dalam kandungan:

  • Lebih banyak makan buah dan sayuran, bisa berupa jus atau salad.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Makan ikan salmon atau  tuna yang mengandung asam lemak omega 3, baik juga untuk kecerdasan.
  • Mengonsumsi vitamin kehamilan sesuai anjuran dokter
  • Menambah jumlah minum susu, namun jangan yang mengandung gula berlebih
  • Olahraga khusus wanita hamil dan istirahat yang cukup.

 

Berat Badan Bayi Normal Baru Lahir
 

Yuk Cari Tahu Berapa Sih Berat Badan Bayi Normal, Moms!

Setelah melahirkan, petugas kesehatan pasti akan mengukur tinggi dan berat badan bayi. Dari situ dapat diketahui tindakan lanjutan untuk mengatasi pertumbuhan bayi secara lebih tepat.
 
Berat badan bayi normal baru lahir untuk ukuran orang Asia yaitu antara 2,9‐3,6 kilogram. Namun jika terlahir kurang dari 2,5 kg, berat badan berada di bawah batas normal dan membutuhkan pengawasan ahli.

Moms tak perlu khawatir, setelah melalui perawatan dan kondisi mulai optimal, berat badan bayi normal sesuai usia dapat dijaga kembali secara bertahap. Salah satu caranya dengan memberikan ASI eksklusif yang merupakan sumber nutrisi satu-satunya saat bayi baru lahir.


 

baca juga

Berat Badan Bayi Normal Usia 4 Bulan
 

Yuk Cari Tahu Berapa Sih Berat Badan Bayi Normal, Moms!

Tinggi maupun berat badan bayi berbeda satu sama lainnya. Di usia 4 bulan, bayi juga mengalami masa lonjakan pertumbuhan yang membuat frekuensi menyusui menjadi lebih tinggi atau lebih sering. Namun Moms tak perlu khawatir selama intensitas buang airnya juga banyak, berarti bayi sehat.
 
Pada umumnya, berat badan bayi normal usia 3 bulan maupun 4 bulan yang ideal  bagi laki-laki yaitu 6.4 kg dan bayi perempuan adalah 5.8 kg. Jangan panik ketika ada sedikit selisih karena kondisi setiap bayi tidak sama.
 
Namun, jika pada usia 3 bulan, berat badan bayi sudah mencapai lebih dari 8,5 kg, barulah Moms harus waspada karena telah melewati batas normal atau overweight. Jika dibiarkan, akan memberi dampak kesehatan yang buruk nantinya.