Perubahan yang Terjadi di Tubuh Moms


Di masa kehamilan 4 bulan, Moms akan merasakan perut semakin besar. Area kulit perut akan meregang dan hiperpigmentasi. Ini yang bisa menyebabkan adanya garis hitam di bagian bawah perut. Selain itu, Moms juga akan merasakan dengan jelas janin 4 bulan bergerak memberi respon terhadap hal-hal sensitif.

Keluhan-keluhan juga mulai dirasakan, seperti kelelahan, kurang tidur, dan sakit kepala. Namun, rambut rontok yang dialami sebelumnya akan mereda dan mengalami pertumbuhan kembali.
Di luar itu semua, Moms harus memeriksakan kandungannya secara rutin kepada petugas kesehatan. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, berat badan, pemantauan penyakit, dan adanya alergi. 
Perubahan yang Terjadi di Tubuh Moms
source: https://medicalnewstoday.com/


 

Lalu, Janin 4 Bulan Sebesar Apa, Ya?


Janin 4 bulan dalam kandungan berukuran sekitar 13 cm dan akan bertambah terus hingga mencapai 26 cm di minggu ke-20. Sedangkan beratnya sekitar 140 gram dan bertambah hingga 300 gram di minggu ke-20. Posisi janin di bulan ini tidak menentu, karena posisi janin 4 bulan memang akan terus berubah sesuai dengan keaktifan bayi. 

Moms bisa melakukan USG janin 4 bulan untuk melihat pergerakan janin di dalam perut. Wajah calon bayi juga sudah terbentuk hampir sempurna dan jenis kelaminnya sudah mulai bisa dikenali di bulan ini.
Lalu, Janin 4 Bulan Sebesar Apa, Ya?
source: https://assets.parents.com/
baca juga

Pertumbuhan yang Dialami Janin


Memasuki 4 bulan masa kehamilan, janin mulai berbentuk menyerupai bayi meskipun belum proporsional. Wajahnya semakin terbentuk jelas dengan mata, hidung, mulut, telinga. Rambutnya juga sudah mulai tumbuh. Organ-organnya tumbuh hampir sempurna.

Paru-paru sudah terbentuk dan janin mulai belajar bernapas. Syaraf otak mulai berkembang lebih sempurna dari sebelumnya. Plasenta dan sistem pencernaan terbentuk sempurna dan sudah bisa menjalankan fungsinya.

Calon bayi sudah bisa menghisap jempolnya. Moms juga bisa merasakan pergerakan jika si janin mendengar suara dari luar. Janin dapat melakukan peregangan, cegukan, hingga menelan kencing.
Pertumbuhan yang Dialami Janin
source: https://assets.babycenter.com/