Kemiri diketahui kaya serat, vitamin E, mineral seperti magnesium dan tembaga. Sehingga, selain digunakan sebagai penyedap, kemiri juga dipakai dalam industri dan pengobatan. Masih banyak manfaat yang terkandung dalam kemiri. Moms penasaran? Ini dia daftar lengkap manfaat buah kemiri.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak tersebut bermanfaat untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut. Jika Moms memiliki masalah rambut seperti kerontokan, kebotakan, dan kering, oleskan saja minyak kemiri secara rutin.
 
Minyak kemiri juga bisa menghitamkan rambut dan menutrisi agar uban tidak datang lagi. Gunakan minyak kemiri sebagai bahan creambath, moisturizer, dan minyak urut. Oleskan minyak kemiri setiap malam. Moms akan merasakan manfaatnya setelah beberapa minggu kemudian.  

Source: https://www.merdeka.com

Manfaat Kemiri Bakar


Kemiri yang dibakar akan mengeluarkan minyak. Membakar kemiri sudah dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu untuk mendapatkanya minyak murni. Mereka ingin mendapatkan manfaatnya seperti mengatasi berbagai masalah rambut.
 
Minyak kemiri bakar memiliki berbagai kelebihan, seperti menumbuhkan rambut, alis, jenggot dan jambang serta menebalkan bulu mata. Karena prosesnya yang dilakukan secara alami, minyak kemiri bakar aman digunakan tanpa efek samping. 

Source: https://urusandunia.com
baca juga

Manfaat Kemiri untuk Masakan


Kemiri merupakan jenis kacang-kacangan dan berkulit keras. Kemiri harus dihancurkan terlebih dahulu untuk diambil dagingnya. Karena dagingnya itu yang akan digunakan sebagai bumbu masak.
 
Sejak dulu kemiri dipakai dalam berbagai masakan Indonesia. Masakan Padang yang lezat ternyata memakai bumbu kemiri. Orang Sumatera Utara menggunakan kemiri untuk membuat sambal khas yang enak dan nikmat. Sementara orang Jawa menjadikannya saus kental untuk dimakan bersama sayuran dan nasi.
 
Kemiri juga bisa menjadi penyedap alami yang tentunya sangat menyehatkan tubuh manusia. 

Source: http://hargabulanini.com

 

Manfaat Kemiri untuk Alis


Kebanyakan wanita mendambakan alis yang tebal. Memiliki alis yan tebal akan membuat mereka terlihat lebih cantik. Bagi yang memiliki alis tipis biasanya akan memakai alis pensil, eyebrow atau eyeshadow. Bahkan tak sedikit wanita yang menyulam alis mereka.
 
Jika Moms ingin menebalkan alis secara alami bisa menggunakan kemiri. Dengan cara ini alis Moms akan tebal dan hitam alami. Caranya gampang sekali, Moms cukup mengoleskan kemiri pada alis secara rutin. Mendapatkan minyak kemiri bisa membuatnya sendiri dengan cara dibakar maupun membelinya di pasar. 

Source: http://spiritriau.com

 

baca juga

Manfaat Kemiri untuk Wajah


Ternyata kemiri bisa digunakan untuk merawat wajah loh Moms. Kandungan vitamin E dalam kemiri memberikan dampak positif bagi kulit.
 
Kemiri bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Kandungan senyawa pada minyak kemiri akan melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan. Kemiri bisa mengencangkan, meremajakan, melembabakan dan mencerahkan kulit.
 
Untuk mendapatkan manfaat itu, Moms tinggal mengoleskan minyak kemiri ke wajah setiap hari. 

Source: https://www.liputan6.com

 

Kemiri memang bermanfaat, tapi tanpa pengolahan yang tepat, kemiri bisa menjadi racun bagi tubuh. Jangan mengonsumsi kemiri mentah-mentah karena bisa menimbulkan gangguan lambung. Untuk itu, sebaiknya olah kemiri sebelum dikonsumsi ya Moms.