Penyebab dan Ciri-ciri Kulit Sensitif


Penyebab kulit sensitif memang berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang mengalaminya karena perubahan lingkungan yang sangat ekstrim sehingga mempengaruhi kondisi kulit. Selain itu, hal paling umum yang menyebabkan masalah ini adalah penggunaan kosmetik yang salah, misalnya sering berganti-ganti atau menggunakan produk yang tidak cocok.

Berbagai pengaruh buruk tersebut merusak jaringan kulit dan kemampuan kulit untuk beregenerasi sehingga mengakibatkan kulit menjadi sensitif. Adapun tanda-tanda Moms mungkin memiliki kulit sensitif antara lain adalah:
Penyebab dan Ciri-ciri Kulit Sensitif
source: https://amazonaws.com
  • Mudah muncul ruam atau bercak merah
  • Tidak dapat menyerap wewangian. Bahkan ketika Moms memberikan banyak wewangian, dampaknya justru kulit menjadi iritasi dan muncul bercak merah.
  • Warna kulit terlihat memerah, namun terlihat tidak sehat. Berbeda dengan kulit merah merona.
  • Mudah mengalami iritasi
  • Muncul rasa sakit atau perih saat menggunakan produk kosmetik.
  • Mudah mengalami alergi terhadap lingkungan dan kosmetik
  • Sering gatal tanpa sebab
  • Kulit mudah mengelupas.

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif


Jangan asal memilih pelembab untuk kulit sensitif yang murah, Moms. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih pelembab untuk kulit sensitif di apotik atau toko kosmetik. Moms juga harus memperhatikan jenis kulit agar kerusakan tidak semakin parah. Nah, ini dia tips-tips yang perlu dipraktekkan:
  • Pelembab untuk kulit sensitif dan berminyak: Kulit berminyak tidak menjamin bahwa Moms akan terhindar dari kerusakan kulit. Justru jenis kulit ini akan sangat rentan terhadap iritasi karena kandungan minyak berlebih di dalamnya. Disarankan Moms menggunakan pelembab yang mengandung banyak air sehingga mudah masuk ke dalam pori-pori. Selain itu, Moms sebaiknya rutin melakukan pijatan lembut saat menggunakan pelembab untuk merangsang tumbuhnya sel kulit baru.
Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif
source: http://4.bp.blogspot.com
  • Pelembab untuk Kulit Sensitif dan Kering: Bagi kulit kering, kandungan air memang sangat dibutuhkan untuk mencegah kondisi kulit yang lebih buruk. Namun Moms juga perlu hati-hati saat memilih pelembab. Jangan memilih pelembab yang mengandung alkohol atau bahan keras lainnya. Pasalnya, kulit kering dan sensitif memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi karena tidak memiliki cukup kelembaban untuk menangkal pengaruh buruk lingkungan.
  • Pelembab untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat: Memilih pelembab untuk jenis kulit ini memang juga harus sangat hati-hati. Pada dasarnya kulit sensitif dan berjerawat memiliki saran perawatan yang sama dengan kulit berminyak. Bahan herbal lebih baik untuk kulit berjerawat, namun ada baiknya Moms juga berkonsultasi dengan dokter.
Moms, memiliki kulit sensitif memang harus sabar dan telaten ya. Jangan sembarangan memilih produk karena jika tidak cocok akan memperparah kondisi kulit. Jangan lupa gunakan tabir surya setiap saat untuk menjaga kulit dari sinar UV.