Senam Ibu Hamil 5 Bulan


Saat memasuki usia kehamilan 5 bulan senam ibu hamil sangat baik untuk dilakukan secara rutin. Untuk melakukan senam ibu hamil, ada beberapa gerakan yang dibolehkan saat usia kandungan Moms menginjak usia 5 bulan.
  • Pertama ambilah posisi santai di atas matras, biarkan kaki Moms bersila dengan tangan yang saling bertautan. Mulailah tutup mata dan atur pernapasan sambil merilekskan pikiran.
Saat usia kehamilan 5 bulan, sebisa mungkin melakukan senam sesuai dengan anjuran dan pengawasan dokter, karena salah gerakan akan membahayakan janin.
Senam Ibu Hamil 5 Bulan
source: https://www.nutriclub.co.id


 

Senam Ibu Hamil 6 Bulan


Gerakan senam hamil untuk Moms yang memiliki usia kandungan 6 bulan ternyata berbeda lho dengan usia 5 bulan. Pada usia 6 bulan, mulailah melakukan gerakan berbaring. Setelah berbaring kemudian angkat kedua kaki ke atas secara lurus, lalu turunkan perlahan dan ulangi hingga beberapa kali.

Gerakan ini mampu melatih otot agar tidak tegang saat kontraksi persalinan bahkan mampu mengurangi insomnia pada ibu hamil. Perlu diingat Mom, gerakan ini hanya berbaring bukan telentang ya, karena untuk menghindari tekanan pada tulang belakang.
Senam Ibu Hamil 6 Bulan
source: https://www.dictio.id


 

baca juga

Senam Ibu Hamil 7 Bulan


Moms, saat usia kandungan 7 bulan mulailah latih dengan gerakan otot dada yang ringan. Gerakan ini akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru.

Langkah pertama siapkan dua botol air minum ukuran sedang, kemudian isi dengan air. Jadikan kedua botol tersebut sebagai barbel dan mulailah angkat sebanyak 5 hingga 10 kali. Perlu diingat Moms usahakan botol yang digunakan bukan botol yang berukuran besar ya. 
Senam Ibu Hamil 7 Bulan
source: https://www.orami.co.id


 

Senam Ibu Hamil 8 Bulan


Merangkak menjadi gerakan yang bisa Moms lakukan saat melakukan senam ibu hamil pada usia kandungan 8 bulan. Fungsinya adalah agar sang bayi berada diposisi yang sewajarnya yaitu berada di panggul. Selain itu merangkang juga membantu sistem pernapasan pada ibu hamil.

Caranya cukup mudah kok Moms, hanya perlu berada di posisi seperti merangkang dengan membentuk siku dan punggung secara lurus, kemudian tekuk kepala ke bawah sambil melakukan pernapasan yang baik dengan melihat ke arah perut.
Senam Ibu Hamil 8 Bulan
source: https://rebeccadeavers.wordpress.com


 

baca juga

Senam Ibu Hamil Tua


Saat hamil tua gerakan yang dilakukan memiliki fungsi untuk membantu proses persalinan. Posisi yang bisa Moms lakukan adalah berjongkok. 

Mulailah dengan berdiri tegak dan kaki sedikit dibuka. Posisikan dengan membelakangi dinding kemudian himpit bola senam di antara dinding dan punggung. Setelah itu turunkan  secara perlahan dan menopangkan kaki membentuk sudut 90 derajat. 

Moms, sudah tahukan gerakan dan anjuran yang tepat untuk senam ibu hamil. Jadi moms bisa praktekkan di rumah ya. 
Senam Ibu Hamil Tua
source: https://rebeccadeavers.wordpress.com