Posisi Tidur Ibu Hamil


Memasuki kehamilan yang semakin besar membuat ibu hamil semakin kesulitan tidur. Biasanya hal ini terjadi ketika ibu hamil memasuki usia kehamilan 6 bulan ke atas. 

Posisi terbaik ibu hamil untuk tidur bukan hanya ditentukan oleh tingkat kenyamanan tapi tingkat keamanan untuk janin yang berada di dalam kandungan. Posisi tidur ibu hamil 6 bulan ke atas bisa dibantu oleh beberapa barang khusus. 

Antara lain adalah guling atau bantal tidur kehamilan. Selain mengunakan barang pendukung bisa juga memperhatikan posisi tidur. Posisi tidur yang aman dan nyaman untuk ibu hamil antara lain: 
  1. Posisi tidur terlentang khusus usia kehamilan muda
  2. Posisi tidur miring kiri posisi paling aman untuk janin
  3. Posisi setengah duduk nyaman dan aman baik untuk ibu hamil maupun janin
source: https://cloudfront.net
Posisi-posisi tidur seperti di atas aman diterapkan untuk ibu hamil. Posisi tidur ibu hamil 6 bulan, posisi tidur ibu hamil 6 bulan, posisi tidur ibu hamil 8 bulan dan posisi tidur ibu hamil 9 bulan pada dasarnya sama. Memang semakin besar usia kandungan maka ada beberapa posisi yang semakin sulit dilakukan dan dirasa kurang nyaman. 

Misalnya saja ketika usia kehamilan sudah memasuki bulan-bulan terakhir maka posisi tidur ibu hamil 9 bulan sudah semakin sulit untuk terlentang karena ibu akan merasa tekanan pada bagian dada. Ketika sudah memasuki masa kehamilan ini maka lebih disarankan untuk posisi tidur setengah duduk atau menyamping ke kiri saja. 
 

Posisi yang Aman untuk Janin


Kenyamanan untuk ibu memang penting tetapi keamanan untuk janin tidaklah kalah penting. Ahli berpendapat posisi tidur miring kiri adalah salah satu posisi terbaik untuk janin. Posisi tidur miring ke kiri akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta dan janin. 

Posisi tidur miring kiri juga bisa membantu ibu hamil yang mengalami sesak nafas di awal kehamilan. Selain posisi tidur miring kiri apabila moms mengalami sesak nafas di awal kehamilan bisa juga menyangga bantal pada punggung  sebelum tidur. 

Untuk ibu hamil dengan kondisi khusus misalnya saja plasenta previa perlu diperhatikan juga. Posisi tidur ibu hamil dengan plasenta previa perlu untuk mengurangi tekanan. Posisi tidur yang menyebabkan penekanan rahim yang semakin berkembang ke organ sekitarnya, baik ke saluaran pencernaan ataupun pembuluh darah harus dihindari.

source: https://hellosehat.com

Posisi tidur yang salah pada ibu hamil dapat mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah atau justru peningkatan tekanan darah. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari adalah posisi terlentang. Untuk lebih jelas dan pastinya lagi sangat disarankan untuk mengkonsultasikan langsung ke dokter kandungan moms bagi yang memiliki riwayat plasenta previa. 

Jadi moms jangan menyepelekan posisi tidur ya. Dan perlu diingat tidur yang berkualitas sangat penting bagi ibu hamil. Jadi usahakan untuk mendapatkan posisi tidur terbaik untuk memberikan kenyamanan tapi juga keamanan untuk janin. Satu hal lagi yang perlu diingat ketika kehamilan semakin besar, beristirahatlah kapan pun moms sempat.