Nutrisi yang Penting bagi Ibu Hamil


Sebelum memilih susu ibu hamil, Moms perlu mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan. Nutrisi yang baik dan tercukupi dapat menunjang kesehatan dan perkembangan janin hingga saat kelahiran nanti. Beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil antara lain:

Zat besi
Saat hamil, kebutuhan Moms akan zat besi akan meningkat seiring dengan pertumbuhan usia kehamilan. Pada trimester pertama kebutuhan zat besi sekitar 26 mg per hari sedangkan memasuki trimester ketiga akan meningkat hingga 39 mg per hari.

Zat besi dibutuhkan untuk pembuatan darah untuk menyalurkan kebutuhan nutrisi dari tubuh ibu pada janin. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan ibu anemia, pusing, sulit berkonsentrasi hingga pingsan. Anemia berat pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko kematian janin.

 

Apa Saja Sih Kandungan yang Wajib Ada Dalam Susu Ibu Hamil, Moms? Cek di Sini!
source: https://www.babycenter.com

Asam folat
Asam folat berperan penting untuk mencegah cacat tabung saraf, kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu asam folat juga dapat mencegah kelahiran prematur dan keguguran.

DHA
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa DHA baik untuk kecerdasan anak, kesehatan mata dan sistem saraf bayi. Selain dari susu ibu hamil, DHA juga bisa didapatkan dari ASI, susu, telur dan ikan.

Selain ketiga zat di atas, ibu hamil juga membutuhkan zat gizi lainnya seperti protein, kalsium, vitamin D, kolin dan lainnya.

 

baca juga

Kandungan Nutrisi dalam Susu Ibu Hamil


Seperti Moms ketahui, ada banyak pilihan susu ibu hamil yang beredar di pasaran. Masing-masing produk memiliki kandungan yang berbeda namun tetap bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

1. Prenagen Mommy
Susu ibu hamil Prenagen Mommy mengandung DHA, kolin dan sama folat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan pada otak janin. Selain itu Prenagen Mommy juga mengandung kandungan protein, vitamin D, vitamin B12 dan zat besi untuk menunjang pembentukan sel darah merah.

Apa Saja Sih Kandungan yang Wajib Ada Dalam Susu Ibu Hamil, Moms? Cek di Sini!
source: https://www.kalbestore.com

Prenagen Mommy tersedia dalam rasa cokelat, vanilla, moka, stroberi dan kacang hijau. Selain tersedia dalam bentuk susu bubuk, susu ini juga tersedia dalam kemasan UHT. Umumya Prenagen Mommy merupakan susu ibu hamil 3 bulan ke atas atau ketika masuk kehamilan trimester 2.

2. Anmum Materna
 

Apa Saja Sih Kandungan yang Wajib Ada Dalam Susu Ibu Hamil, Moms? Cek di Sini!
source: https://www.anmum.com

Susu ibu hamil Anmum Materna mengandung asam folat, kalsium, zat besi, DHA, serta inulin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil. Beberapa pilihan rasa yang ditawarkan Anmum Materna antara lain plain, cokelat dan strawberry white chocolate.

baca juga

3. Bebemama
Selain mengandung kebutuhan dasar nutrisi ibu hamil seperti asam folat dan kalsium, Bebemama juga mengandung serat pangan dan minyak ikan yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Bebemama memiliki dua varian rasa yaitu vanilla berry dan choco breeze.

 

Apa Saja Sih Kandungan yang Wajib Ada Dalam Susu Ibu Hamil, Moms? Cek di Sini!
source: https://www.tokopedia.com/

Selain ketiga susu ibu hamil di atas, masih banyak lagi merek susu kehamilan yang bisa Moms coba. Perlu diketahui bahwa susu ibu hamil 2 bulan bisa jadi berbeda dengan susu ibu hamil 3 bulan ke atas. Hal ini disebabkan kebutuhan nutrisi ibu hamil akan semakin meningkat di setiap trimesternya.

Mengonsumsi susu hamil selama masa kehamilan memang bukan suatu keharusan. Apabila Moms mampu mencukupi kebutuhan gizi selama hamil dari makan-makanan yang sehat, maka boleh saja tidak mengonsumsi susu ibu hamil.

Sedangkan bagi Moms yang kesulitan memenuhi asupan makanan karena mual atau morning sickness, maka susu ibu hamil ini bisa jadi pilihan bantuan. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan rutin pada dokter kandungan atau ahli gizi agar Moms dan si kecil selalu sehat di masa kehamilan hingga saat kelahiran tiba.