Pewarna Rambut Alami Warna Biru


Warna biru merupakan warna yang anti mainstream ya! Namun beberapa orang ada yang mengecat rambutnya dengan warna biru agar terlihat nyentrik dan menarik. Moms juga dapat mewarnai rambut jadi biru dengan bahan alami lho!

Moms dapat membuat DIY dengan mencampurkan ekstrak bunga mawar serta kembang sepatu sebagai warna merah dan daun pandan serta mengkudu sebagai warna hijau. Moms dapat mencampurkan dua warna dari bahan alami tersebut sesuai dengan takaran warna yang moms inginkan di dalam sebuah mangkok kecil. Untuk mendapatkan ekstrak warnanya moms dapat merebus dan oleskan ke rambut, setelah menunggu sekitar 3 jam dengan shower cap.

Untuk hasil yang maksimal moms dapat mewarnai rambut 3 kali dalam seminggu. Selain itu jika moms tidak ingin ribet, moms dapat menggunakan pewarna kue bewarna biru yang dinilai aman untuk rambut, namun menggunakan pewarna kue dapat luntur tak seperti pewarna kimia ya.

Pewarna Rambut Alami Warna Biru
source: https://www.pexels.com


 

Pewarna Rambut Alami dan Halal


Beberapa ahli memberitahu tahu bahwa sebagian besar cat rambut yang menggunakan bahan kimia dapat berbahaya hingga menyebabkan kanker dan rambut rontok berkepanjangan. Namun moms tak perlu khawatir, cat rambut yang alami dan halal dapat moms buat sendiri di rumah lho!

Bagi beberapa umat muslim terkadang sering bingung mengecat rambut sebenarnya halal atau tidak, menurut beberapa pakar tidak apa-apa mewarnai rambut, namun untuk warna hitam hanya boleh jika rambut sudah beruban dan tidak bermaksut untuk menipu orang lain saat menikah agar tidak dikira muda. Berikut ini beberapa pewarna alami yang bisa moms buat sendiri di rumah.

  • Kemiri

Moms mungkin sudah pernah mencoba kemiri untuk bayi agar rambutnya lebat, ternyata selain melebatkan rambut, kemiri juga menghitamkan rambut lho! Maka dari itu kemiri banyak digunakan untuk perawatan rambut. 

Cara untuk mengaplikasikan kemiri cukup mudah hanya dengan menumbuk kemiri secukupnya sampai halus, kemudian sangrai hingga minyaknya keluar, sisihkan minyaknya. Ketika sudah dingin oleskan pada seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas rambut dengan keramas. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Kunyit

Salah satu rempah-rempah yang sering moms jumpai di dapur yaitu kunyit dapat diolah menjadi pewarna rambut lho! Moms dapat menggunakan kunyit untuk membuat rambut jadi berwarna pirang atau kuning.

Caranya cukup mudah moms tinggal memarut kunyit secukupnya kira-kira seperempat cangkir teh, lalu seduh dengan air panas dan peras kunyit hingga ekstrak warnanya keluar. Setelah itu oleskan di rambut yang diinginkan dan diamkan sekitar 3 jam dengan ditutupi shower cap. Bilas dengan air bersih dan aplikasikan pewarna ini 3 kali seminggu.

  • Cengkih dan Kayu Manis

Rempah-rampah yang satu ini dapat membuat rambut jadi berwarna cokelat muda. Moms hanya perlu siapkan 1 cangkir bubuk cengkih dan kayu manis, lau campur keduanya dengan air hangat hingga membentuk pasta dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 1-2 jam dengan shower cap untuk menutupinya. Bilas rambut hingga bersih untuk hasil yang maksimal aplikasikan 3 kali seminggu.

  • Daun Pandan dan Mengkudu

Bagi moms yang suka tampil nyentrik dapat menggunakan bahan alami ini untuk membuat warna hijau pada rambut lho! Cara scukup muda moms tinggal siapakan 7 lembar daun pandan dan potong hingga terendam semua ke dalam panci. Rebus sampai keluar ekstrak warna hijau, lalu saring air rebusan dan diamkan semalaman. Keesokannya campur air pandan dengan jus mengkudu dan oleskan pada rambut. Diamkan sekitar 1-2 jam dengan ditutupi shower cap dan bilas dengan air.

  • Kopi

Gunakan kopi untuk menghasilkan warna hitam atau cokelat tua pada rambut. Untuk mengaplikasikannya seduhlah kopi hingga tekturnya kental seperti pasta. Setalah dingin oleskan pada seluruh rambut dan diamkan selama 1-2 jam di dalam shower cap lalu bilas dengan air bersih.

Pewarna Rambut Alami dan Halal
source: https://www.pexels.com


 

baca juga

Pewarna Rambut Alami Untuk Ibu Hamil


Moms jika saat ini sedang dalam usia mengandung alangkah lebih baik jika tidak mengecat rambut dahulu dengan zat kimia ya! Rupanya zat kimia yang tedapat di dalam cat rambut memberikan risiko yang berbahaya untuk janin lho!

Parahnya lagi menurut beberapa ahli terdapat lebih dari 5000 kandungan zat berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan permanin pada bayi.

Maka dari itu moms disarankan untuk berhati-hati dalam memilih cat rambut. Pewarna rambut yang diperbolehkan adalah yang mengandung bahan alami seperti tumbuhan (kopi, teh, wortel, biji kenari, lemon, tomat, dan sebagainya), henna atau pacar.

Hanya saja khususnya untuk pewarna rambut buatan henna warna hitam kurang aman karena mengandung pewarna sintetis lain sehingga jika moms mengandung lebih baik dihindari ya. Untuk lebih amannya moms dapat berkonsultasi ke dokter kandungan jika ingin menyemir rambut atau menunda semir rambut hingga si kecil sudah lahir.

Pewarna Rambut Alami Untuk Ibu Hamil
source: https://www.pexels.com


 

Pewarna Rambut Alami Henna


Moms tumbuhan henna telah lama digunakan oleh nenek moyang kita lho, dan dinilai bagus untuk memberikan warna. Biasanya Henna atau pacar digunakan untuk menjadi tato atau mewarnai kuku, namun juga ada beberapa orang yang menggunakan untuk warna rambut. Henna memberikan warna merah dan burgundy (kombinasi antara ungu dan merah).

Untuk membuat pewarna henna sendiri cukup mudah, moms tinggal mengambil beberapa daun henna kering lalu ditumbuk dan dicampur air sedikit hingga membentuk pasta. Oleskan pada rambut dan diamkan bebeapa menit. Hanya saja menggunakan tumbuhan henna tidak bertahan lama alias tidak permanent jadi moms harus mewarnai lagi apabila warnanya sudah pudar.

Ada pula kemasan sachet pewarna henna dengan banyak warna namun tidak semua produk sachet henna menggunakan 100% bahan alami karena warna lainnya menggunakan pewarna sintesis buatan. jadi untuk lebih amannya moms perlu memeriksa komposisi pada kemasan atau membuat sendiri pewarna rambut dari tumbuhan henna.

Pewarna Rambut Alami Henna
source: https://www.pexels.com


 

baca juga

Pewarna Rambut Alami Merah


Jika moms sedang ingin membuat pewarna rambut alami dengan warna merah, moms dapat menggunakan bunga Mawar atau Kembang Sepatu sebagai bahan dasar pembuatan warna rambut lho! 

Cara membuatnya cukup mudah saja, ambil masing-masing satu bunga pada bunga mawar dan bunga sepatu. Haluskan dan tumbuk semua bunganya dengan diberi air secukupnya. Oleskan pada rambut dan tunggu selama 3 jam dengan ditutupi shower cap dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal moms dapat melakukan pengecatan 3 kali seminggu.

Pewarna Rambut Alami Merah
source: https://www.pexels.com

Mewarnai rambut yang baik adalah tidak terkena langsung kulit kepala agar tidak meresap pada kulit khususnya jika itu merupakan pewarna rambut buatan. Moms, apabila tetap ingin melakukan semir rambut saat mengandung lebih baik menggunakan bahan alami dan berkonsultasi pada dokter kandungan ya! Tetap sehat bersama si kecil moms!