Polip Adalah


Polip adalah pertumbuhan tidak wajar yang terjadi di bagian mana pun pada tubuh. Ada yang jinak, atau bersifat ganas dan menjadi kanker. Ada yang tumbuh sendiri, namun ada pula yang berkelompok. Polip dapat muncul pada usia berapapun dan beberapa jenis di antaranya lebih umum terjadi dari jenis lainnya. 

Polip Adalah
source: https://www.deherba.com

Polip umumnya terjadi karena mutasi gen, akibatnya sel-sel tubuh bertambah dengan cepat. Terkadang polip juga muncul sebagai komplikasi penyakit lainnya. Beberapa hal yang menjadi faktor risiko timbulnya polip adalah usia lanjut, memiliki kondisi medis tertentu, serta mengonsumi alkohol atau merokok.

Polip Hidung


Sesuai namanya, polip hidung tumbuh pada saluran pernapasan hidung. Ukurannya beragam, bisa kecil dan tidak menimbulkan gejala, bisa juga besar hingga menyumbat saluran hidung. Polip besar dapat menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, berair, sulit bernapas, serta gangguan pada indera penciuman dan perasa.

Polip Hidung
source: https://www.alodokter.com

Masih belum diketahui apa sebenarnya yang menyebabkan tumbuhnya polip pad ahidung. Namun karena biasanya berisi cairan inflamasi, masalah ini diduga terjadi karena alergi, infeksi, asma, atau kelainan sistem kekebalan. 

baca juga

Polip Rahim


Polip rahim disebut juga dengan polip endometrium karena tumbuh di daerah endometrium atau rahim. Bentuknya bisa bulat ataupun lonjong dengan ukuran yang bervariasi mulai dari beberapa milimeter saja hingga hitungan sentimeter.

Umumnya polip rahim bersifat jinak, namun ada sebagian kecil yang berkembang menjadi kanker. Beberapa hal yang dapat meningkatkan faktor risiko polip rahim antara lain usia, obsesitas, mengonsumsi obat kanker payudara seperti tamoxifen, dan hipertensi.

Polip Rahim
source: https://kumparan.com

Beberapa gejala umum polip rahim antara lain:

  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Menstruasi dengan durasi dan volume perdarahan yang
  • berlebihan
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Perdarahan setelah menopause
  • Sulit atau tidak bisa hamil

Polip Gigi


Polip pada gigi biasanya terjadi di daerah pulpa atau bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel pembentuk gigi. Biasanya, masalah ini terjadi pada gigi yang sarafnya telah mati. Umumnya polip ini terjadi karena iritasi dan infeksi bakteri pada pulpa gigi yang terbuka karena masalah gigi berlubang atau cedera. 

Polip Gigi
source: https://www.atmago.com

Umumnya polip pulpa tidak menimbulkan gejala dan tidak menyebabkan kematian. Namun jika dibiarkan, msasalah ini bisa menyebabkan kerusakan gigi dan terjadinya gigi tanggal prematur. Gejala polip yang dapat diamati antara lain munculnya jaringan lunak yang terlihat melalui lubang gigi, terjadinya perdarahan dan dapat menimbulkan luka, serta terasa keras atau bengkak pada daerah pipi dan mulut yang dekat dengan polip.

baca juga

Polip Usus


Polip juga dapat muncul di area usus besar atau kolon. Meski kebanyakan tidak berbahaya, namun polip usus ini bisa berkembang menjadi kanker usus besar yang berpotensi menimbulkan kematian. Polip ini dapat muncul usia berapapun, namun faktor yang meningkatkan risiko antara lain adalah berusia di atas 50 tahun, merokok, kelebihan berat badan, serta memiliki riwayat keluarga dengan polip atau kanker usus.

Polip Usus
source: https://www.alodokter.com

Umumnya polip usus memang tidak menimbulkan gejala. Namun beberapa pasien mengeluhkan beberapa gejala berikut ini:

  • Buang air besar yang disertai darah
  • Jadwal buang air besar yang berubah
  • Perubahan warna tinja
  • Nyeri, mual, muntah
  • Anemia defisiensi besi

Itulah tadi beberapa hal penting yang patut Moms ketahui tentang polip. Jika terdapat tanda-tanda atau gejala yang mencurigakan, segeralah berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.