Menu Makan Siang Sehat


Moms menu makan siang sehat paling terjamin kalau kita membuat sendiri dari rumah, karena kita tahu benar bahan-bahan apa saja yang kita pakai. Selain sehat, membuat sendiri makan siang dari rumah akan membuat kita hemat biaya. Makan siang yang sehat harus memiliki gizi yang seimbang seperti adanya karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah , dan lemak.

Untuk porsi makan siang yang sehat makanlah nasi yang tidak terlalu banyak dan porsi sayur yang tidak terlalu sedikit. Biasanya menu makan siang selalu praktis karena mengingat waktu istirahat jam kerja yang terbatas. Maka dari tak jarang orang memilih makanan instan untuk memenuhi sumber energi mereka. Perlu mom ketahui makanan instan yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun juga tidak jika moms melewatkan makan siang, karena seharian bekerja tubuh memerlukan sumber energi. Berikut ini beberapa menu makan siang sehat yang dapat jadi referensi moms di rumah.

  1. Soto
  2. Salad salmon dan Buah
  3. Sayur Asam dan Tempe Penyet
  4. Nasi Goreng
  5. Sandwich Sayur
  6. Cap Cay
  7. Tumis Jamur
  8. Olahan Seafood
  9. Gado-gado
Menu Makan Siang Sehat
source: https://id.pinterest.com


 

Menu Makan Siang Anak


Moms menu makan siang yang sehat untuk si kecil paling sehat buatan rumah lho! Seiring perkembangan zaman ada banyak sekali pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengincar anak-anak karena tidak tahu apa-apa, khususnya menawarkan makanan yang tidak sehat seperti menggunakan bahan penyedab yang tidak sehat, MSG, boraks, dan sebagainya.

Maka dari itu penting sekali peran mommy dalam membuat bekal makan siang yang sehat untuk ke sekolah. Nah, jika si kecil sulit makan, moms dapat membuat bekal makan siang yang lucu untuk membuat anak tertarik mencicipinya. Moms perlu membiasakan si kecil membawa bekal makan siang saat pergi ke sekolah agar menghindari si kecil dari makanan yang mengandung bahan makanan yang tidak sehat.

Berikut ini beberapa menu makan siang anak yang sehat untuk jadi referensi mommy.

  1. Bekal roti lapis sandwich
  2. Kroket kentang isi daging dan sayuran dengan buah-buahan
  3. Bento unik ala Jepang
  4. Sup Ayam
  5. Omelet telur
  6. Pudding cokelat
  7. Pancakes
  8. Tumis Brokoli
  9. Dimsum Ayam Jamur Kukus
Moms membuat menu makan siang untuk anak memang susah gampang, karena kebanyakan anak kecil susah untuk makan. Tapi moms tak perlu khawatir karena moms dapat mencari menu makanan kesukaan si kecil dan membuat bekal lucu agar si kecil tertarik untuk makan. Tetapi pastikan setiap menu makanan terdapat sayur agar anak tetap sehat.
Menu Makan Siang Anak
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Menu Makan Siang Tempe


Tempe merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia termasuk anak-anak lho! Tempe mengandung banyak protein, serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tak hanya itu, tempe mengandung antioksidan dan antibiotika yang berguna untuk menyembuhkan infeksi dan mencegah penyakit degeneratif.

Tempe sangat baik untuk anak-anak khususnya jadi makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi zat gizi si kecil. Berikut ini beberapa menu makan siang tempe yang dapat moms buat di rumah.

  1. Burger tempe
  2. Rolade tempe
  3. Bola-bola tempe isi keju
  4. Grilled tempe
  5. Bakso tempe
  6. Tempe bacem
Menu Makan Siang Tempe
source: https://id.pinterest.com


 

Menu Makan Siang Diet


Moms menjaga pola makan itu harus diatur mulai dari sekarang lho, agar tidak menimbulkan berat badan yang berlebihan. Tak hanya bentuk tubuh yang berubah, pola makan yang tidak teratur atau dalam porsi yang berlebihan akan menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol, obesitas, dan sebagainya. Akan tetapi diet yang sehat bukan berarti moms tidak makan seharian ya!

Memenuhi gizi itu penting karena kita melakukan aktivitas seharian sehingga tubuh memerlukan sumber energi. Maka dari itu moms harus makan makanan yang memiliki zat gizi yang seimbang. Hal-hal yang perlu moms perhatikan dalam memilih makan siang untuk diet sehat adalah mengandung cukup kalori, padat gizi seperti protein, vitamin, dan mineral, lalu mengandung cukup serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, dan terakhir tidak mengandung karbohidrat, gula, dan lemak yang berlebihan. Berikut ini beberapa menu makan siang diet yang sehat.

  1. Salad sayur dan buah
  2. Sandwich yang terbuat dari roti gandum
  3. Ayam lemon
  4. Sup Sayuran
  5. Bento khas Jepang
  6. Putih telur
  7. Ikan
  8. Apel
  9. Kentang
  10. Oatmeal
Menu Makan Siang Diet
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Menu Makan Siang DEBM


Baru-baru muncul program diet DEBM yang merupakan singkatan dari (Diet Enak Bahagia Menyenangkan). Diet DEBM dikatakan ampuh turunkan berat badan dalam waktu sekejab lho! Nah, berbeda dari diet pada umumnya yang menghindari makanan berlemak, diet ini menganjurkan moms untuk banyak makan lemak lho!

Diet ini menjalankan program diet yang mengganti makanan yang mengandung karbohidrat dengan makanan lemak sebagai sumber energi. Tak hanya tubuh langsing yang didapatkan, diet DEBM memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti menghindarkan kita dari diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya. Berikut ini beberapa menu makan siang DEBM yang bisa moms terapkan di rumah.

  1. Sup ayam
  2. Oseng-oseng wortel
  3. Cap Cay
  4. Tumis buncis ayam
  5. Telur gulung
  6. Tumis telur taoge

Dalam menu makan siang DEBM biasanya menu makan siangnya diganti dengan buncis, wortel, sayur-sayuran hijau. Moms dapat melakukan diet ini secara bertahap agar perut dapat menyesuaikan dimulai dengan 1/2 nasi dan buncis.

Menu Makan Siang DEBM
source: https://id.pinterest.com

Pada dasarnya mengatur pola makan yang sehat lebih baik di mulai dari dini dengan membiasakan anak kita untuk menerapkan pola hidup yang sehat agar terbiasa dan terhindar dari berbagai penyakit. Nah, dari beberapa menu makan siang di atas semoga bermanfaat ya moms. Tetap sehat bersama si kecil moms!