1. Dewasa Menurut Aturan

Menurut aturan yang berlaku, orang yang boleh berkendaraan adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun dan tidak mengalami gangguan kejiwaan. Karena diusia ini anak sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan bisa mengajukan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi). Nah, untuk mendapatkan SIM enggak gampang lho, karena anak kamu harus melalui beberapa tes, kalau tidak lolos uji artinya anak kamu belum mampu mengendarai motor/mobil.

source: https://www.finansialku.com


 

2. Keseimbangan Tubuh

Pertimbangan lainnya mengapa anak mesti diajari cara berkendaraan setelah cukup umur karena secara fisik, tubuhnya masih belum mampu menjaga keseimbangan. Saat membawa kendaraan bermotor, seseorang harus mempunyai keseimbangan kuat agar tidak mengalami kecelakaan. Tunggu sampai anak kamu cukup umur dan tubuhnya lebih tinggi sehingga bisa menjangkau perangkat kendaraan dengan baik.

source: https://www.brilio.net


 

baca juga

3. Kontrol Emosi

Di usia remaja emosi anak belum stabil karena adanya perubahan hormon. Saat berkendaraan di jalan rasa bisa saja ia tidak bisa mengontrol emosinya karena macet, diserempet pengendara lainnya. Dorongan emosi agar cepat sampai ke tujuan tanpa memikirkan keselamat diri sendiri dan orang lain umunya terjadi pada remaja. Nah, ajari anak saat ia benar-benar siap secara fisik dan emosi.

source: https://news.okezone.com


 

4. Paham Aturan

Sebelum anak remaja mengendarai sepeda motor/mobil, kamu harus memberinya pengetahuan tentang aturan berlalulintas yang benar terutama rambu-rambu lalulintas yang sering kita jumpai. Karena jika tidak mengerti rambu-rambu lalu lintas maka bisa berakibat fatal. Bayangkan saja jika anak tidak mengerti arti traffic light kapan harusnya ia berhenti, kapan saatnya melaju perlahan dan mana harusnya jalan. Saat ia melaju sementara traffic light berwarna merah maka hal yang tidak diinkan bisa terjadi. Nah, lebih baik melakukan pencegahan daripada mengobati ya Moms!

source: http://www.kompasiana.com
baca juga

Nah, sebaiknya perhatikan dengan  tips mendidik anak remaja dalam berkendaraan ya, Moms untuk mencegah hal buruk terjadi!